Archives

now browsing by author

 

POKTAN SIDO ASIH DESA SURODADI MELAKSANAKAN SOSIALISASI DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT (BTS)

Kamis (10/09/2019) Kelompok Tani Sido Asih Desa Surodadi Kecamatan Gajah mengadakan pertemuan kelompok dengan agenda sosialisasi Dem Area Budidaya Tanaman Sehat (BTS). Acara dihadiri oleh POPT, penyuluh pertanian dan anggota kelompok tani. Budidaya tanaman sehat ini bertujuan untuk membudidayakan tanaman padi dengan mengembalikan fungsi kesuburan tanah dan pengelolaan tanaman secara sehat.

Read More …

MANISNYA JAMBU MADU SE MANIS HASILNYA

Pak Senen menunjukkan pohon jambu madu yang sedang berbuah

Demak terkenal dengan komoditas jambu delima, begitu juga Kecamatan Gajah tepatnya di Desa Boyolali juga memiliki komoditas unggulan yaitu jambu madu. Jambu ini memiliki rasa manis yang luar biasa. Senen (48) adalah petani pertama yang mencoba membudidayakan jambu madu di Desa Boyolali. Senin (30/09/2019) kami menyempatkan singgah ke rumahnya untuk melihat kebun jambu madu. Disamping rasanya yang enak dan manis, harga yang cukup tinggi sangat menggiurkan.

Dengan semakin banyaknya permintaan pasar akan buah ini masyarakat desa Boyolali mulai melirik untuk membudidayakannya secara luas. Hal ini juga dimantapkan dengan program Desa Boyolali yang ingin mempromosikan Desa Boyolali dengan ikon jambu madunya.

Jambu madu ini memiliki perawatan yang mudah, sama halnya dengan jambu air biasa. Senen menanam jambu di areal sekitar rumahnya. Dari hasil pengamatannya, jambu yang ditanam di dalam tabulampot (planter bag) memiliki kualitas rasa yang bagus bila dibandingkan jika ditanam di tanah secara langsung. Penanaman di dalam pot ini bertujuan agar perlakuan budidayanya lebih terkontrol. Pemberian pupuk juga lebih efisien sebab tidak ada unsur yang terbuang maupun tercuci oleh air hujan. Penanaman jambu dalam pot membuat jambu memiliki rasa yang manis. Read More …

BPP GAJAH MAJU LAGI MENGIKUTI ABDIBAKTITANI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Ekspose Kualitas Pelayanan Publik UKPP dalam Penghargaan Abdibaktitani Tahun 2019

Kementrian Pertanian mengadakan ekspose terakhir penghargaan Abdibaktitani tahun 2019 pada Senin (23/09/2019). Abdibaktitani merupakan penghargaan terhadap Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) berprestasi Bidang Pertanian.  Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 23 sampai 25 September 2019 di hotel D’anaya Bogor. Ada 46 peserta yang mengikuti kegiatan ekspose tersebut. Mereka merupakan UKPP di bidang pertanian yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota se-Indonesia. Ekspose ini adalah paparan terakhir di depan para juri dari Kementrian Pertanian mengenai inovasi yang di lakukan selama pelayanan. Read More …

KUNJUNGAN BALAI PELATIHAN PENERAPAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BP2TP) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN KE BPP GAJAH

 

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gajah Kabupaten Demak menerima kunjungan Tim Balai Pelatihan dan Penerapan Teknologi Pertanian (BP2TP) Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (19/09/2019). Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) BPP Gajah beserta Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ahmad Nur Hidayat, SE, MH. menyambut dengan antusias.

Tim  BP2TP Provinsi Kalimantan Selatan ini terdiri dari lima orang, yaitu Bapak Ahmad Yurauy, Yandi Caturadina, Bambang Pribadi, Khairul Nur Arifin, dan Agus Firdaus. Mereka memilih BPP Gajah untuk dikunjungi karena prestasi yang telah diraih oleh BPP Gajah baik di tingkat regional maupun tingkat nasional. Tujuan Kunjungan ini adalah Tim BP2TP hendak melakukan studi tentang standart operating procedure (SOP) pelayanan publik yang diterapkan oleh BPP Gajah. Pada kesempatan ini juga didiskusikan mengenai mekanisme teamwork BPP, pembagian tugas PPL serta bagaimana menerima pengaduan masyarakat. Diskusi dan sharing pengalaman dipandu langsung oleh Harsono, S.P., selaku Koordinator Penyuluh di BPP Gajah.

Singkatnya waktu tidak mengurangi esensi kunjungan. BPP Gajah selaku tuan rumah dan Tim BP2TP Provinsi Kalimantan Selatan bersepakat untuk mengambil manfaat dari kunjungan yang istimewa ini guna kemajuan bersama. (Urwatul Wusqo/PPL Kecamatan Gajah)

 

SILASE, CADANGAN PANGAN TERNAK SAAT MUSIM KEMARAU

Tahap pembuatan silase

Pada saat kemarau seperti sekarang, pakan hijauan sangatlah jarang kita temui. Hal ini juga dirasakan oleh para peternak di Desa Jatisono Kecamatan Gajah. Namun mereka tidak pasrah begitu saja, mereka mencari cara bagaimana ternak tercukupi pakannya meskipun pakan hijauan susah ditemui. Jumat (6/9/2019) PPL Kecamatan Gajah bersama Sugiarto (40) peternak kambing dan domba Desa jatisono, Kecamatan Gajah Kabupaten Demak bersama-sama membuat pakan alternatif dari bahan limbah pertanian.  Bungkil kacang hijau yang melimpah menjadi bahan bakunya. Pakan alternatif ini dinamakan silase. Metode membuat silase intinya sama dengan fermentasi. Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress