Archives

now browsing by author

 

Rumput Gajah Mini sebagai Alternatif Hijauan Pakan Ternak

Kecamatan Karangawen adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Demak yang memiliki potensi komoditas ternak sapi.  Berdasarkan Laporan tribulan II jumlah peternak adalah 601 orang.  Jumlah ternak muda untuk jantan 685 ekor, sedangkan betina 364 ekor.  Jumlah ternak dewasa untuk jantan 291 ekor, sedangkan betina 536 ekor.

Pada even karnaval tingkat kabupaten dalam rangka HUT RI ke-74 berani mengikrarkan sebagai New Zaeland-nya Kabupaten Demak. Read More …

Indigofera, sp. sebagai Alternatif Hijauan Pakan Ternak

Hijauan Pakan Ternak (HPT) merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi peternakan.  Tanpa ketersediaan pakan yang baik, niscaya ternak yang kita pelihara tidak berproduksi secara optimal, karena makanan yang diberikan ke ternak tidak dapat tersedia secara rutin/tetap.  Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang tepat untuk mengatur agar supaya HPT yang diperlukan oleh ternak tidak terganggu ketersediaannya.

Ada beberapa macam hijauan pakan ternak yang layak dan disukai antara lain Indigovera sp.   Tanaman ini tergolong tanaman leguminosa kelompok kacang-kacangan.  Sifat khusus dari tanaman Indigofera bisa tumbuh pada tanah yang kurang subur dan tahan terhadap kemarau panjang.  Pertumbuhannya yang begitu cepat dimana pada umur 12 bulan tanaman indigofera ini bisa mencapai 2 meter berbunga berwarna ungu.  Daun Indigofera merupakan hijauan makanan ternak yang sangat potensial dengan kandungan protein yang tinggi 21-24 %.

Pada waktu pemberian makanan kepada ternak sebaiknya diberikan secara campur.  Hal ini bertujuan agar kandungan yang berada di dalam masing-masing tanaman dapat saling melengkapi, sehingga akan tercukupi kandungan gizi maupun proteinnya.  Selain itu juga akan meminimalkan ternak merasa bosan makan apabila disajikan hanya satu jenis tanaman saja secara berulang-ulang. (Agus Arifin, PPL Kec. Karangawen)

BETERNAK AYAM JOPER

Ayam joper singkatan ayam jawa super yang merupakan hasil perkawinan dari ayam kampung jantan dan ayam petelur betina.

Keunggulan ayam joper yaitu:

  • Pertumbuhannya lebih cepat dari pada ayam kampung
  • Harga jualnya lebih stabil
  • Mempunyai daging yang lezat dan padat dibandingkan ayam broiler.
  • Tahan terhadap penyakit

Read More …

KRPL MERUPAKAN SUMBER PEMENUHAN GIZI KELUARGA

KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) merupakan kawasan yang sangat dimungkinkan untuk bisa dikembangkan dalam bentuk skala kecil sampai dengan skala kawasan yang bisa menjadikan kekuatan yang sangat luar biasa atau suatu potensi yang sangat kuat untuk mendukung pemenuhan kebutuhan keluarga di sekitar rumah dengan berbagai tanaman, ternak dan ikan.  Semuanya itu merupakan pemenuhan gizi keluarga dari sumber di sekitar rumah.

KRPL dengan optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang dikelola secara intensif dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana sangat memungkinkan untuk dikembangkan dengan baik. KRPL bisa menjamin kebutuhan atau kesinambungan ketersediaan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.  Read More …

Panen Jagung MT III Kecamatan Karangawen

Awal Oktober ini di wilayah Kecamatan Karangawen mulai musim panen jagung.  Jagung sebagai salah satu komoditas unggulan Kecamatan Karangawen memiliki sumbangsih yang cukup besar terhadap perekonomian petani.  Dengan kondisi lahan di wilayah Kecamatan Karangawen yang sebagian besar tadah hujan, jagung termasuk komoditas yang bersahabat dengan petani.  Ada beberapa varietas jagung yang ditanam oleh petani.  Hal ini termasuk salah satu terapan teknologi gilir varietas untuk menghindari serangan OPT dan juga menyesuaikan kondisi lahan.

Jagung hibrida menjadi salah satu pilihan tanaman di musim kemarau.  Jagung hibrida merupakan jenis jagung keturunan langsung (F1) hasil persilangan 2 atau lebih varietas jagung yang memiliki sifat unggul dari masing-masing varietas yang disilangkan.  Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress