sekretariat

now browsing by category

 

SAKA TARUNA BUMI KWARCAB DEMAK TOREHKAN PRESTASI

Senyum bahagia terpancar dari wajah anggota Saka Taruna Bumi Kwarcab Demak. Setelah seminggu digembleng tanpa henti, mereka berhasil mencatatkan prestasi pada tiga kategori dari enam kategori yang dilombakan pada Perkemahan Antar Saka (Peransaka) se-Kwartir Cabang Demak Tahun 2019 (20-23/8/2019).  Prestasi-prestasi tersebut adalah: untuk putra juara 1 pioneering, juara 1 mading 3D dan juara 1 tapak perkemahan, sedangkan untuk putri, juara 2 tapak perkemahan, juara 2 pioneering dan Read More …

KEMERIAHAN PERAYAAN HUT KE-74 RI DI DINPERTAN PANGAN

Memasuki bulan Agustus, Kantor Dinpertan Pangan mulai bersolek. Bukan semata-mata karena akan mengikuti lomba kebersihan, tetapi karena antusiasme segenap aparatur dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Sejumlah acara pun dirancang. Berbagai lomba dan kegiatan diumumkan.

Dimulai dari tanggal 8, seluruh pegawai Dinpertan Pangan mengikuti jalan santai yang dimeriahkan dengan puluhan doorprize. Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba antar bidang dan BPP. Sebut saja lomba bakiak, lomba makan kerupuk, lomba menggantung caping dan lomba menangkap bebek. Tidak cukup satu hari, Read More …

RESPONSIVENESS DAN RESPONSIBILITY, KUNCI KEMENANGAN YANG SERING TERLUPAKAN

Sekda Demak dan Kepala Dinpertan Pangan berfoto bersama dengan sebagian peserta pembinaan

“Orang yang tidak berprestasi, dalam lubuk hatinya pun ingin berprestasi. Orang miskin, sebetulnya juga ingin kaya”

Demikian salah satu kalimat yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr Singgih Setyono, M.Kes., pada acara Pembinaan dan Pemberian Motivasi, Program Peningkatan Sumberdaya Aparatur Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jumat 28 Juni 2019. Sebanyak 150 karyawan/karyawati Dinpertan Pangan mengikuti acara yang digelar di Hotel Horison Bandung tersebut. Selanjutnya, Sekda Demak mengatakan, salah satu kunci meraih prestasi yang sering terlupakan adalah responsiveness (tanggap, sigap, cepat) dan responsibility (tanggung jawab).

Responsiveness dan responsibility sering terlupakan karena manusia cenderung merasa “sudah”: sudah baik, sudah berbuat, sudah benar, sudah cepat, sudah menang. Sekda Demak mengingatkan hal tersebut karena Dinas Pertanian dan Kabupaten Demak pada tahun 2018 telah menorehkan beberapa prestasi, sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas, Ir. Wibowo, MM pada sambutan sebelumnya. Dinpertan Pangan telah menyumbangkan sejumlah prestasi bagi Kabupaten Demak baik di tingkat nasional maupun provinsi (selengkapnya baca di sini). Sekda Demak menambahkan, bahwa pimpinan harus memulai langkah-langkah monitoring evaluasi terlebih dahulu, sebagai contoh bagi staf di bawahnya.

Acara pemberian motivasi yang berlangsung selama tiga jam tersebut merupakan satu dari rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan formal, Program Peningkatan Sumberdaya Aparatur Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 27-29 Juni 2019 dengan agenda lainnya yaitu penyegaran dan studi wisata.

Materi Peningkatan SDA, Bandung 280619 dapat diunduh di sini

KEPALA DINAS PERTANIAN DAN PANGAN SERAHKAN KARTU TANI AWARD

Kepala Dinpertan Pangan, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan beserta Kepala BPP penerima Kartu Tani Award

PPL Karangawen melakukan pendampingan penggunaan kartu tani

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu program pemerintah dalam memperbaiki tata laksana penyaluran pupuk bersubsidi adalah dengan penerbitan kartu tani. Persiapan sudah dimulai dari tahun 2016 dengan melakukan pendataan petani dan luas lahannya, sedangkan implementasinya dilakukan setelah keluar instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 81 Tahun 2017. Kartu tani merupakan kartu identitas petani yang berfungsi juga sebagai kartu debit BRI co-branding. Kartu Tani memuat informasi alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran Pupuk Bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI yang ditempatkan di pengecer. Selain itu, kartu dapat berfungsi untuk melakukan seluruh transaksi perbankan pada umumnya. Salah satu manfaat penggunaan kartu tani adalah memudahkan monitoring penyaluran pupuk bersubsidi (informasi selengkapnya dapat diunduh di sini).

Pada akhir caturwulan I tahun 2019, Kabupaten Demak menduduki urutan terakhir pembelian pupuk bersubsidi melalui kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menginstruksikan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan untuk mendampingi petani agar penggunaan kartu tani lebih maksimal. Berdasarkan hasil evaluasi, rendahnya penggunaan kartu tani disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya belum semua anggota poktan sudah memperoleh kartu tani, tidak semua pengecer memiliki mesin EDC, kartu tani yang sudah terbit belum semuanya aktif dan beberapa kendala teknis lainnya.

Kepala Dinpertan Pangan menyerahkan tali asih kepada pegawai purna tugas

Sebulan setelah gerakan akselerasi tersebut, posisi Kabupaten Demak telah berada pada 10 besar penyerapan pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebagai wujud apresiasi, Kepala Dinas menyerahkan Kartu Tani Award kepada sepuluh Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan dengan penggunaan tertinggi yaitu Karangawen, Demak, Mranggen, Bonang, Wonosalam, Mijen, Dempet, Gajah, Wedung dan Guntur. Penghargaan tersebut diberikan pada kesempatan halalbihalal keluarga besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jumat, 14 Juni 2019. Selain penyerahan Kartu Tani Award, diserahkan pula tali asih bagi sembilan pegawai Dinas yang telah purna tugas pada periode November 2018-Juni 2019.

Halalbihalal Keluarga Besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress