Peternakan

now browsing by category

 

SILASE, CADANGAN PANGAN TERNAK SAAT MUSIM KEMARAU

Tahap pembuatan silase

Pada saat kemarau seperti sekarang, pakan hijauan sangatlah jarang kita temui. Hal ini juga dirasakan oleh para peternak di Desa Jatisono Kecamatan Gajah. Namun mereka tidak pasrah begitu saja, mereka mencari cara bagaimana ternak tercukupi pakannya meskipun pakan hijauan susah ditemui. Jumat (6/9/2019) PPL Kecamatan Gajah bersama Sugiarto (40) peternak kambing dan domba Desa jatisono, Kecamatan Gajah Kabupaten Demak bersama-sama membuat pakan alternatif dari bahan limbah pertanian.  Bungkil kacang hijau yang melimpah menjadi bahan bakunya. Pakan alternatif ini dinamakan silase. Metode membuat silase intinya sama dengan fermentasi. Read More …

BANTUAN KAMBING PE UNTUK POKTAN SIDO MAKMUR DESA NGEGOT

Kambing adalah ruminansia kecil yang sangat populer di kalangan para peternak. Hal tersebut disebabkan karena kambing mudah dibudidayakan. Pakan hijauannya pun tersedia setiap saat, baik di musim kemarau maupun di musim penghujan. Pada hari Selasa (3/9/2019), bertempat di Desa Ngegot Kecamatan Mijen, Kelompok Tani Sido Makmur menerima bantuan ternak kambing peranakan etawa (PE) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kambing PE yang diberikan kepada peternak berjumlah 24 ekor yang terdiri dari Read More …

TANGGULANGI KEMISKINAN DENGAN SUPRA

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupataen Demak mengadakan pelatihan SUPRA (Sekolah Usaha Peternakan Rakyat). SUPRA merupakan proses pembelajaran nonformal bagi peternak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga peternak mampu menerapkan teknologi sesuai komoditas dan sumber daya setempat. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 26-28 Agustus 2019 di Kantor Kelurahan Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen. Narasumber yang mengisi kegiatan Read More …

PENGENDALIAN FLU BURUNG DI DESA SUKODONO

Pada Sabtu (17/08/2019) Dinas Pertanian dan Pangan mendapat laporan dan informasi dari masyarakat Dukuh Kauman RT 06 RW 03 Desa Sukodono Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, bahwa ada anak umur 1 tahun dengan gejala sakit panas, pilek, batuk dengan napas agak sesak dibarengi kasus kematian unggas (ayam, bebek dan menthok) di lingkungannya dalam jumlah cukup banyak (sekitar 177 ekor). Gejala klinis kematian unggas yaitu kematian mendadak, jengger dan pial berwarna biru (sianosis), perdarahan bawah kulit (subkutan) dan perdarahan titik (ptechie) pada daerah dada dan kaki ayam serta leleran dari hidung dan mulut. Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A. Virus influenza termasuk family Orthomyxoviridae. Cara penularan diantaranya melalui :Kotoran ayam, leleran dari hidung, mulut, peralatan kandang yang tercemar dan manusia (petugas kandang, tamu, dll).

Menindaklanjuti hal tersebut, Read More …

SUKA CITA PESTA PATHOK

Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak mengadakan bakti sosial dan bantuan penanggulangan akibat kekeringan kepada masyarakat di Dukuh Karangkumpul, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Rabu (21/08/2019). Acara tersebut dinamai “Pesta Pathok”. Disebut pesta pathok karena ternak-ternak yang akan mendapatkan pengobatan, dikumpulkan di satu lokasi dan ditambatkan pada pathok-pathok (pasak: Ind, red). Pesta dipimpin oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Dyah Purwatiningsih, MM. Seluruh staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Petugas Peternakan Kecamatan (P2K) beserta staf Bidang Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Kegiatan meliputi pengobatan gratis, Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksaan Kebuntingan (PKb), dan Asisten Teknis Reproduksi (ATR).

Maksud acara tersebut untuk memberikan apresiasi kepada peternak/pelaku usaha peternakan Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress