PSP

now browsing by category

 

DEMPLOT PENERAPAN TEKNOLOGI PTT

Farm Field Day (FFD) di BPP Karangtengah, Selasa (9/7/19)

Istilah demplot, akronim dari demonstrasi plot, sudah sangat familiar bagi pelaku usaha pertanian. Bisa dikatakan demplot merupakan salah satu metode punyuluhan favorit penyuluh karena hanya dengan menggunakan lahan percontohan kurang dari 1 ha, penyuluh dapat memperlihatkan keefektifan suatu teknologi budidaya kepada petani. Penyuluh dan petani dapat mengamati perkembangan tanaman mulai dari persiapan lahan sampai panen.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak tahun 2019 mengalokasikan lima demplot di bawah naungan Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna. Lima demplot tersebut berlokasi di lahan BPP Kecamatan Karangtengah, Demak, Karanganyar, Gajah dan Dempet. Kelima demplot tersebut digunakan untuk Read More …

KUSWINARYO, JUARA I PETANI BERPRESTASI JATENG ASAL DEMAK

Kuswinaryo menunjukkan sertifikat juaranya kepada wartawan di Soropadan (4/7/2019)

Satu lagi prestasi membanggakan yang diraih oleh putra Demak. Kuswinaryo (41 tahun), petani asal Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah berhasil meraih predikat Juara I Kategori Petani Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada acara Pembukaan Soropadan Agro Expo 9 (SAE 9) di Soropadan (4/7/2019). Penilaiannya sendiri telah dilaksanakan pada bulan April 2019.

Kuswinaryo mengusahakan berbagai komoditas di lahan yang dimilikinya. Tak hanya padi dan kacang hijau, ia juga bertani jambu air dan kelengkeng. Tanaman sayuran ia budidayakan melalui metode hidroponik. Ia telah aktif di kelompok tani sejak 2010. Saat itu, ia terpilih menjadi ketua Poktan Sri Rahyu. Kuswinaryo pula yang memprakarsai terbentuknya Koperasi Citra Kinaraya pada tahun 2011. Koperasi serba usaha ini Read More …

SOSIALISASI UNDANG – UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2009

SOSIALISASI UNDANG – UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (PLP2B)

 

 

  1. LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (LP2B)

Adalah bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian , ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Meliputi : Lahan beririgasi, Lahan reklamasi rawa pasang surut dan non pasang surut (lebak), lahan tidak beririgrasi.

  1. LAHAN CADANGAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (LCP2B)

Adalah lahan potensial yang dilindungi pemanfaatannya agar kesesuaian dan ketersediaannya tetap terkendali untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan pada masa yang Read More …

BIMBINGAN TEKNIS PENGOPERASIAN ALSINTAN

Peserta bimbingan teknis sedang praktik membuat dapok

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak sekali lagi mengadakan bimbingan teknis pengoperasian dan pengelolaan alat mesin pertanian (alsintan). Jika sebelumnya Dinas menggandeng Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (berita selengkapnya baca di sini), kali ini Dinas bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor dalam penyelenggaraannya.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 sampai dengan 21 Juni 2019. Bertempat di desa Megonten Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak, acara ini menghadirkan narasumber drh.Wisnu Wasisa P, MP dari BBPKH cinagara Bogor; Kepala Dinpertan Pangan Kabupaten Demak, Ir. Wibowo,M.M.; dan profesional dari PT. Yanmar Indonesia, Dimas Rahmadi P. Selain tiga orang tersebut, dihadirkan pula Pengelola Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) Karya Bersama Desa Megonten, Hadi Sukarjo, yang pada tahun 2018 mendapatkan apresiasi dari Menteri Pertanian RI sebagai juara III UPJA berprestasi tingkat nasional.

Peserta terdiri dari delapan kelompok tani di Kabupaten Demak, yaitu Dewi Sri, Mardi Luhur, Ngudi Mulyo, Asung Tulodo, Arum Tani, Karya Bersama, Ngudi Luhur dan Petani Hebat. Poktan menugaskan dua anggotanya untuk mengikuti bimbingan teknis dengan pendampingan dari PPL masing-masing. Selain itu, sejumlah anggota TNI juga turut menjadi peserta sebagai tindak lanjut nota kesepahaman Kementerian Pertanian dengan TNI dalam menyukseskan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (UPSUS PAJALE).

KEPALA DINAS PERTANIAN DAN PANGAN SERAHKAN KARTU TANI AWARD

Kepala Dinpertan Pangan, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan beserta Kepala BPP penerima Kartu Tani Award

PPL Karangawen melakukan pendampingan penggunaan kartu tani

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu program pemerintah dalam memperbaiki tata laksana penyaluran pupuk bersubsidi adalah dengan penerbitan kartu tani. Persiapan sudah dimulai dari tahun 2016 dengan melakukan pendataan petani dan luas lahannya, sedangkan implementasinya dilakukan setelah keluar instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 81 Tahun 2017. Kartu tani merupakan kartu identitas petani yang berfungsi juga sebagai kartu debit BRI co-branding. Kartu Tani memuat informasi alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran Pupuk Bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI yang ditempatkan di pengecer. Selain itu, kartu dapat berfungsi untuk melakukan seluruh transaksi perbankan pada umumnya. Salah satu manfaat penggunaan kartu tani adalah memudahkan monitoring penyaluran pupuk bersubsidi (informasi selengkapnya dapat diunduh di sini).

Pada akhir caturwulan I tahun 2019, Kabupaten Demak menduduki urutan terakhir pembelian pupuk bersubsidi melalui kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menginstruksikan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan untuk mendampingi petani agar penggunaan kartu tani lebih maksimal. Berdasarkan hasil evaluasi, rendahnya penggunaan kartu tani disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya belum semua anggota poktan sudah memperoleh kartu tani, tidak semua pengecer memiliki mesin EDC, kartu tani yang sudah terbit belum semuanya aktif dan beberapa kendala teknis lainnya.

Kepala Dinpertan Pangan menyerahkan tali asih kepada pegawai purna tugas

Sebulan setelah gerakan akselerasi tersebut, posisi Kabupaten Demak telah berada pada 10 besar penyerapan pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebagai wujud apresiasi, Kepala Dinas menyerahkan Kartu Tani Award kepada sepuluh Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan dengan penggunaan tertinggi yaitu Karangawen, Demak, Mranggen, Bonang, Wonosalam, Mijen, Dempet, Gajah, Wedung dan Guntur. Penghargaan tersebut diberikan pada kesempatan halalbihalal keluarga besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jumat, 14 Juni 2019. Selain penyerahan Kartu Tani Award, diserahkan pula tali asih bagi sembilan pegawai Dinas yang telah purna tugas pada periode November 2018-Juni 2019.

Halalbihalal Keluarga Besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress