berita

now browsing by category

 

PENGENDALIAN TIKUS MENJELANG MT I KELOMPOK TANI MANGUN RAHAYU DESA MANGUNREJO

Kondisi lahan kelompok tani Mangun Rahayu desa Mangunrejo kecamatan Kebonagung saat ini masih bero (tidak ada tanaman) menunggu aliran air dari Waduk Kedung Ombo. Akan tetapi populasi tikus saat ini sangat tinggi. Hal ini dapat diketahui dari penyerangan sisa-sisa tanaman kacang hijau secara merata serta pengamatan petani di malam hari. Melihat kondisi seperti itu maka petani perlu mengadakan tindakan penggendalian untuk menekan populasi tikus. Gerakan Pengendalian tikus dilaksanakan pada Sabtu (19/10/2019). Kegiatan ini diikuti oleh anggota kelompok tani Mangun Rahayu, penyuluh pertanian kecamatan Kebonagung, dan Babinsa.

Read More …

Panen Jagung MT III Kecamatan Karangawen

Awal Oktober ini di wilayah Kecamatan Karangawen mulai musim panen jagung.  Jagung sebagai salah satu komoditas unggulan Kecamatan Karangawen memiliki sumbangsih yang cukup besar terhadap perekonomian petani.  Dengan kondisi lahan di wilayah Kecamatan Karangawen yang sebagian besar tadah hujan, jagung termasuk komoditas yang bersahabat dengan petani.  Ada beberapa varietas jagung yang ditanam oleh petani.  Hal ini termasuk salah satu terapan teknologi gilir varietas untuk menghindari serangan OPT dan juga menyesuaikan kondisi lahan.

Jagung hibrida menjadi salah satu pilihan tanaman di musim kemarau.  Jagung hibrida merupakan jenis jagung keturunan langsung (F1) hasil persilangan 2 atau lebih varietas jagung yang memiliki sifat unggul dari masing-masing varietas yang disilangkan.  Read More …

VERIFIKASI LAPANGAN PELAKSANA TERBAIK DESA KEMBANGARUM KECAMATAN MRANGGEN

Tim verifikasi PKK beserta rombongan melakukan verifikasi lapangan pelaksana terbaik lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Selasa (1/10/2019) di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen.  Kedatangan tim verifikasi tersebut untuk melakukan penilaian pelaksanaan program lingkungan bersih dan sehat oleh kader PKK di Desa Kembangarum.  Kedatangan tim verifikasi diterima dengan baik oleh semua pihak yang terkait dalam lomba Lingkungan Sehat dan Bersih (LBS ) ini. Read More …

POKTAN SIDO ASIH DESA SURODADI MELAKSANAKAN SOSIALISASI DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT (BTS)

Kamis (10/09/2019) Kelompok Tani Sido Asih Desa Surodadi Kecamatan Gajah mengadakan pertemuan kelompok dengan agenda sosialisasi Dem Area Budidaya Tanaman Sehat (BTS). Acara dihadiri oleh POPT, penyuluh pertanian dan anggota kelompok tani. Budidaya tanaman sehat ini bertujuan untuk membudidayakan tanaman padi dengan mengembalikan fungsi kesuburan tanah dan pengelolaan tanaman secara sehat.

Read More …

PEMBUATAN KOMPOS DARI LIMBAH DAUN BAWANG MERAH YANG MELIMPAH

Desa Pasir merupakan sentra produk hortikultura dengan luasan sawah kurang lebih 722,64 Ha. Sebagian besar lahan tersebut di tanami bawang merah. Saat musim panen tiba, daun bawang merah hanya di buang begitu saja di sungai dan sekitar rumah. Melimpahnya limbah dari daun bawang merah di Desa Pasir berdampak buruk bagi lingkungan sekitar karena daun bawang merah yang sangat melimpah dibiarkan membusuk dan menimbulkan bau yang menyengat.

Pada awal bulan Oktober 2019 petani yang tergabung di dalam Kelompok Tani “Tani Jaya” Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak berinisiatif membuat kompos dari limbah daun bawang merah. Kegiatan pembuatan kompos ini bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang.

Pembuatan kompos dari limbah daun bawang merah dilakukan dengan cara menimbun limbah daun bawang merah ke dalam lubang tanah kemudian difermentasi selama kurang lebih satu bulan. Setelah terfermentasi secara sempurna atau matang, maka kompos tersebut siap untuk diaplikasikan. Ciri-ciri kompos yang terfermentasi secara sempurna adalah adanya penyusutan, perubahan  warna menjadi coklat dan tidak berbau menyengat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi petani pada khususnya dan masyarakat Desa Pasir Kecamatan Mijen pada umumnya, terutama dalam pemanfaatan limbah daun bawang merah yang melimpah. Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress