Wonosalam

now browsing by category

 

PENYULUHAN PENDAHULUAN BEKALI PETANI SIAP TANAM MT I

  • Anggota kelompok tani desa Trengguli menghadiri kegiatan penyuluhan
Musim Tanam I (MT I) sudah di ambang pintu. Ketersediaan air tiap hari dipantau karena lahan di kecamatan Wonosalam menggantungkan pengairan dari aliran irigasi yang bersumber dari Rawa Pening dan Waduk Kedung Ombo. Sambil menunggu musim tanam I tahun 2019/2020 petani dan kelompok tani di wilayah kecamatan Wonosalam mengadakan persiapan melalui penyuluhan pendahuluan. Kegiatan ini penting karena bermanfaat untuk membekali petani dalam melaksanakan budidaya di MT I.

Read More …

SOSIALISASI DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT DI KELOMPOK TANI “BANGUN TANI” DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM

  • Koordinator Penyuluh Pertanian, Endah Rahmawati, S.Pt menyampaikan pentingnya budidaya tanaman sehat.

Budidaya padi secara intensif tanpa memperhitungkan keseimbangan agroekosistem ternyata dapat menurunkan unsur hara dalam tanah sehingga mengakibatkan kuantitas dan kualitas produksi menurun. Penggunaan pestisida yang melebihi ambang batas juga berpotensi meningkatkan serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) karena populasi musuh alami makin sedikit. Untuk itu diperlukan upaya mengembalikan kesuburan tanah agar tanaman padi dapat berkembang dengan baik. Salah satu upayanya yaitu dengan mengajak petani untuk menerapkan budidaya tanaman sehat.

Pada Jum’at (04/10/2019) Kelompok tani “Bangun Tani” desa Kendaldoyong Kecamatan Wonosalam mengadakan Sosialisasi dalam rangka kegiatan dem area budidaya tanaman sehat. Sosialisasi berlangsung di Balaidesa Kendaldoyong. Acara ini dihadiri oleh Penyuluh Pertanian BPP Wonosalam, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Babinsa Kendaldoyong serta petani anggota kelompok tani Bangun Tani. Read More …

UPAYA PENGELOLAAN AIR DENGAN LONGSTORAGE

 

Pelaksanaan pembangunan longstorage di desa Sidomulyo

Salah satu komponen utama dalam budidaya adalah ketersediaan air. Ironinya pada saat memasuki Musim Tanam I (MT I) ketersediaan air kadangkala belum tercukupi. Hal ini disebabkan oleh kemarau panjang yang merupakan dampak dari el nino. Namun kita jangan hanya berpangkutangan saja. Kita dapat mencari solusi bagaimana mensiasati keterbatasan air. Salah satu upayanya adalah dengan pengelolaan yang baik dan seefisien mungkin.

Read More …

Hadapi MT 1 BPP Wonosalam Adakan Penyuluhan Pendahuluan

Menghadapi Musim Tanam I (MT 1) tahun 2019/2020 ini Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wonosalam pada Selasa (17/09/2019) dan Rabu (18/09/2019) mengadakan penyuluhan pendahuluan. Kegiatan ini diadakan di gedung BPP Wonosalam. Penyuluhan diikuti oleh unsur kelompok tani se-kecamatan, unsur TNI (Koramil), unsur Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan unsur Kecamatan Wonosalam.

Pertemuan yang dipandu oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Wonosalam ini dimaksudkan agar petani bersama kelompok tani dapat mempersiapkan kegiatan budidaya di MT 1. Informasi yang disampaikan meliputi ketersediaan air, ketersediaan sarana produksi, kecukupan alat mesin pertanian, serta antisipasi terhadap serangan OPT (organisme pengganggu tanaman). Disampaikan juga mengenai program-program pemerintah yang ditujukan kepada petani yaitu Read More …

UBINAN KACANG HIJAU DI DESA KENDALDOYONG

PPL Wonosalam bersama petani melakukan ubinan kacang hijau (4/9/2019)

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wonosalam, Kabupaten Demak bersama Kelompok Tani Sido Rukun menyelenggarakan Ubinan Kacang Hijau, Rabu (04/09/2019). Ubinan dilaksanakan di sawah milik Surozi, blok Blambangan Desa Kendaldoyong. Ubinan merupakan salah satu cara mengetahui produktivitas suatu komoditas secara cepat. Prinsipnya, dalam luasan satu hektar, diambil sampel berat produksi dalam satu luasan tertentu, umumnya menggunakan ukuran 2,5 m x 2,5 m.

Surozi (53 tahun) sebagai pemilik lahan mengatakan Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress