Dempet

now browsing by category

 

ABDIBAKTITANI

 

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN GAJAH DAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DEMPET MENDAPAT PENGHARGAAAN ABDIBAKTITANI TAHUN 2019

 

Dalam memperingati  hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia  yang ke-48, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan  Abdibaktitani kepada 47 Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) yang berprestasi di bidang pertanian 2019.  Penghargaan ini diberikan guna mendorong perbaikan pelayanan dan memberikan motivasi untuk tumbuhnya inovasi dalam rangka mendukung capaian program pembangunan pertanian serta meningkatkan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan.

Dalam rangka pemberian penghargaan kepada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Bidang Pertanian telah dilaksanakan seleksi administrasi, penilaian lapangan dan penilai ekspose kualitas pelayanan publik oleh Tim Penilai Kementerian Pertanian. Ada 60 (enam puluh) UKPP seluruh Indonesia yang mengikuti ekpose kualitas pelayanan publik. Dari 60 UKPP tersebut terdapat 47 (empat puluh tujuh) UKPP yang mendapatkan penghargaan berupa piala, plakat dan piagam Abdibaktitani Tahun 2019.

Gbr 1. Piagam Abdibaktitani PHP

                                 Gbr 2. Plakat Abdibaktitani BPP Gajah

Sebelumnya Kabupaten Demak mengirimkan 2 (dua) UKPP yaitu Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gajah dan Pengolahan Hasil Pertanian Dempet telah mengikuti ekpose kualitas pelayanan publik di Kementerian Pertanian. Hasil yang diperoleh kedua UKPP dimaksud semuanya mendapatkan penghargaan Abdibaktitani yaitu UKPP Berprestasi Utama untuk BPP Gajah dan UKPP Berprestasi Madya untuk Pengolahan Hasil Pertanian Dempet.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 29 November 2019 pada saat upacara peringatan Hari Korpri ke 48 di Kementerian Pertanian oleh Menteri Pertanian.  “Izinkan saya atas nama Kementerian Pertanian menyampaikan rasa hormat terima kasih pada mereka yang telah berprestasi dan telah memberikan nama baik bagi Kementerian Pertanian,”ungkap Syahrul saat menyampaikan sambutan dalam acara

pemberian penghargaan dan ramah–tamah dengan penerima penghargaan Abdibaktitani 2019 usai melaksanakan upacara pengibaran bendera peringatan HUT KORPRI ke-48,

Menurut  Syahrul orang yang berprestasi itu yakni orang  yang  fokus dengan apa yang menjadi fungsi peranan dan tanggung jawab dan jika prestasi sudah diraih  berarti dia telah melakukan seluruh fungsi, seluruh tugas yang ada dan melahirkan prestasi bahan prestasi itu sekaligus memacu kesiapan – kesiapan tidak hanya mereka yang berprestasi tapi mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

HADAPI MT I, BPP DEMPET GELAR PENYULUHAN PENDAHULUAN

Penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan di luar sekolah yang dikhususkan untuk kelompok tani untuk memberikan arahan dan dorongan kepada petani agar lebih peka, dapat menerima serta dapat menggunakan teknologi untuk menambah kesejahteraan mereka. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan pertanian dan memberi solusi atas masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan. Read More …

TIADA HENTI BERINOVASI, LDM DEMPET MERAIH PRESTASI

Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) perlu memiliki standar pelayanan. Pentingnya standar pelayanan yaitu kewajiban bagi penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas, memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat, dan pihak terkait terhadap standar pelayanan. Standar Pelayanan di tiap unit pelayanan merupakan jaminan dan kepastian, baik bagi penyelenggara dalam memberikan, maupun bagi masyarakat dalam menerima pelayanan.

UKPP Pengolahan Hasil Pertanian Kabupaten Demak telah mengikuti seleksi dalam lomba UKPP Berprestasi Bidang Pertanian Kementerian Pertanian Tahun 2019 dan lolos bersama 46 UKPP lainnya di seluruh Indonesia. Pada tanggal 21 – 23 September 2019 telah dilakukan Ekspose Kualitas Pelayanan Publik UKPP Berprestasi Bidang Pertanian Tahun 2019 di Hotel D’Anaya Bogor Jawa Barat. Ekspose difokuskan pada pengakuan manfaat dan capaian layanan UKPP yang mendukung program Upaya Khusus (UPSUS) Kementerian Pertanian dan inovasi pelayanan.

Dukungan UKPP Pengolahan Hasil Pertanian untuk UPSUS Kementerian Pertanian adalah :

  1. Percepatan pengolahan hasil pertanian padi. Petani/kelompok tani dengan adanya UKPP Pengolahan Hasil Pertanian dapat lebih cepat dalam pasca panen padi sehingga lahan cepat dapat diusahakan lagi pada musim tanam berikutnya guna mempercepat capaian Luas Tambah Tanam (LTT) padi.
  2. Fasilitasi pemasaran hasil pertanian. UKPP Pengolahan Hasil Pertanian membantu petani dalam pemasaran beras yang dihasilkan. Setiap hari ada pembelian beras 5 – 7 ton dengan jangkauan pasar ke Serang, Bogor, Tangerang dan kota lainnya.
  3. Peningkatan kesejahteraan petani. Dengan melakukan kerjasama dengan UKPP Pengolahan Hasil Pertanian, petani/pedagang beras dapat meningkatkan pendapatan dari usaha perberasan yang dilaksanakan.

Inovasi yang dilaksanakan di UKPP Pengolahan Hasil Pertanian adalah beras  kebi yaitu pengolahan beras brown menjadi beras putih menggunakan katul tanpa menggunakan bahan kimia/klorin. Beras brown (berwarna kecoklatan) dengan harga Rp. 7.700,00/kg sebanyak 50 kg ditambah katul sebanyak 5 kg. Setelah dilakukan pencampuran kemudian dimasukkan dalam mesin polisher dengan derajat sosoh 95%. Hasil proses ini adalah beras kebi yang berwarna putih sebanyak 47,5 kg dengan harga Rp. 9.000,00/kg. (Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura)

 

 

Gbr 1. Ekspose sesi 1 yang dikuti 4 UKPP

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 2. Paparan UKPP PHP Dempet Demak

 

 

 

 

PETANI KEBONSARI SIAP LAKSANAKAN BTS

Pada hari Kamis (29/8/2019), Kelompok Tani Makmur Organik Desa Kebonsari Kecamatan Dempet Kabupaten Demak menerima paket bantuan budidaya tanaman sehat (BTS) dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah. Budidaya tanaman sehat merupakan budidaya yang dilaksanakan dengan menggunakan bahan-bahan organik hayati dan ramah lingkungan dengan tujuan menekan penggunaan bahan-bahan kimia.

Dalam budidaya tanaman sehat, perlu dilakukan pengolahan tanah secara baik dan benar serta pemupukan untuk Read More …

LEBIH DEKAT DENGAN UKPP PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Plt. Kepala UKPP PHP, Heri Wuryanta, S.TP, MP, menyampaikan paparan tentang UKPP PHP di hadapan tim penilai UKPP Berprestasi, Kamis (8/8/2019)

Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) perlu memiliki standar pelayanan. Pentingnya standar pelayanan yaitu kewajiban bagi penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas, memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat, dan pihak terkait terhadap standar pelayanan. Standar Pelayanan di tiap unit pelayanan merupakan jaminan dan kepastian, baik bagi penyelenggara dalam memberikan, maupun bagi masyarakat dalam menerima pelayanan.

Salah satu UKPP di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak adalah UKPP Pengolahan Hasil Pertanian (PHP). Dalam menentukan standar pelayanan, Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress