Gajah

now browsing by category

 

DEMPLOT PENERAPAN TEKNOLOGI PTT

Farm Field Day (FFD) di BPP Karangtengah, Selasa (9/7/19)

Istilah demplot, akronim dari demonstrasi plot, sudah sangat familiar bagi pelaku usaha pertanian. Bisa dikatakan demplot merupakan salah satu metode punyuluhan favorit penyuluh karena hanya dengan menggunakan lahan percontohan kurang dari 1 ha, penyuluh dapat memperlihatkan keefektifan suatu teknologi budidaya kepada petani. Penyuluh dan petani dapat mengamati perkembangan tanaman mulai dari persiapan lahan sampai panen.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak tahun 2019 mengalokasikan lima demplot di bawah naungan Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna. Lima demplot tersebut berlokasi di lahan BPP Kecamatan Karangtengah, Demak, Karanganyar, Gajah dan Dempet. Kelima demplot tersebut digunakan untuk Read More …

KUSWINARYO, JUARA I PETANI BERPRESTASI JATENG ASAL DEMAK

Kuswinaryo menunjukkan sertifikat juaranya kepada wartawan di Soropadan (4/7/2019)

Satu lagi prestasi membanggakan yang diraih oleh putra Demak. Kuswinaryo (41 tahun), petani asal Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah berhasil meraih predikat Juara I Kategori Petani Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada acara Pembukaan Soropadan Agro Expo 9 (SAE 9) di Soropadan (4/7/2019). Penilaiannya sendiri telah dilaksanakan pada bulan April 2019.

Kuswinaryo mengusahakan berbagai komoditas di lahan yang dimilikinya. Tak hanya padi dan kacang hijau, ia juga bertani jambu air dan kelengkeng. Tanaman sayuran ia budidayakan melalui metode hidroponik. Ia telah aktif di kelompok tani sejak 2010. Saat itu, ia terpilih menjadi ketua Poktan Sri Rahyu. Kuswinaryo pula yang memprakarsai terbentuknya Koperasi Citra Kinaraya pada tahun 2011. Koperasi serba usaha ini Read More …

KONSER KARYA ILMIAH NASIONAL 2019

Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH. MIP menyampaikan materi dalam KKIN 2019 (2/7/2019)

Konser berasal dari kata concerto memiliki arti pertunjukan langsung yang menampilkan kemahiran seseorang. Konser karya ilmiah dapat diartikan pertunjukan untuk menampilkan karya-karya dari pakar keilmuan para pembicara dan pemakalah sesuai dengan tema yang diangkat. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bekerjasama dengan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), pada hari Selasa (2/7/2019) menyelenggarakan Konser Karya Ilmiah Nasional 2019 (KKIN 2019). Bertempat di kampus UKSW Salatiga, KKIN 2019 sukses dihadiri oleh ribuan penyuluh pertanian se Jawa Tengah, para akademisi dan stakeholder terkait. PERHIPTANI Kabupaten Demak Read More …

KELOMPOK TERNAK “MURNI JAYA” JATISONO WAKILI DEMAK DALAM LOMBA KELOMPOK TANI TERNAK TINGKAT PROVINSI

Pada hari Kamis, 13 Juni 2019, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak beserta Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mendampingi Kelompok Ternak “Murni Jaya” Desa Jatisono, Kecamatan Gajah Kabupaten Demak untuk mengikuti lomba ternak domba tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kelompok “Murni Jaya” akan bersaing dengan dua kelompok ternak dari Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara untuk merebutkan juara pertama.

Tim penguji berasal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah yaitu Ir. Hariyanta, M.Si (ketua tim), Ir. Kusmanifah, Ir. Umi Baroroh, dan drh. Asto Kuncoro. Kegiatan dimulai dengan pengenalan profil anggota kelompok ternak “Murni Jaya”, dilanjutkan tanya jawab. Dalam paparan yang dilakukan oleh ketua kelompok, Sugiarto, kelompoknya tidak hanya melayani permintaan domba dalam kabupaten saja, namun telah menjangkau kabupaten sekitar, seperti Semarang dan Kudus. Selain metode marketing door to door, pemasaran ternak juga menggunakan media sosial seperti facebook, whatsapp dan media lainnya yang dimiliki anggota.

Setelah melakukan tanya jawab, penguji melakukan pengecekan kandang ternak domba. Dalam kesempatan tersebut, tim penguji menyampaikan harapannya bahwa melalui lomba ternak mampu meningkatkan kualitas kelembagaan, kualitas administrasi dan kualitas budidaya sehingga kelompok – kelompok ternak mampu bersaing di era global.

Sekretaris Dinpertan Pangan menerima tim penguji lomba kelompok tani ternak tingkat Provinsi Jawa Tengah

KEPALA DINAS PERTANIAN DAN PANGAN SERAHKAN KARTU TANI AWARD

Kepala Dinpertan Pangan, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan beserta Kepala BPP penerima Kartu Tani Award

PPL Karangawen melakukan pendampingan penggunaan kartu tani

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu program pemerintah dalam memperbaiki tata laksana penyaluran pupuk bersubsidi adalah dengan penerbitan kartu tani. Persiapan sudah dimulai dari tahun 2016 dengan melakukan pendataan petani dan luas lahannya, sedangkan implementasinya dilakukan setelah keluar instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 81 Tahun 2017. Kartu tani merupakan kartu identitas petani yang berfungsi juga sebagai kartu debit BRI co-branding. Kartu Tani memuat informasi alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran Pupuk Bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI yang ditempatkan di pengecer. Selain itu, kartu dapat berfungsi untuk melakukan seluruh transaksi perbankan pada umumnya. Salah satu manfaat penggunaan kartu tani adalah memudahkan monitoring penyaluran pupuk bersubsidi (informasi selengkapnya dapat diunduh di sini).

Pada akhir caturwulan I tahun 2019, Kabupaten Demak menduduki urutan terakhir pembelian pupuk bersubsidi melalui kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menginstruksikan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan untuk mendampingi petani agar penggunaan kartu tani lebih maksimal. Berdasarkan hasil evaluasi, rendahnya penggunaan kartu tani disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya belum semua anggota poktan sudah memperoleh kartu tani, tidak semua pengecer memiliki mesin EDC, kartu tani yang sudah terbit belum semuanya aktif dan beberapa kendala teknis lainnya.

Kepala Dinpertan Pangan menyerahkan tali asih kepada pegawai purna tugas

Sebulan setelah gerakan akselerasi tersebut, posisi Kabupaten Demak telah berada pada 10 besar penyerapan pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebagai wujud apresiasi, Kepala Dinas menyerahkan Kartu Tani Award kepada sepuluh Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan dengan penggunaan tertinggi yaitu Karangawen, Demak, Mranggen, Bonang, Wonosalam, Mijen, Dempet, Gajah, Wedung dan Guntur. Penghargaan tersebut diberikan pada kesempatan halalbihalal keluarga besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jumat, 14 Juni 2019. Selain penyerahan Kartu Tani Award, diserahkan pula tali asih bagi sembilan pegawai Dinas yang telah purna tugas pada periode November 2018-Juni 2019.

Halalbihalal Keluarga Besar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress