Karangawen

now browsing by category

 

Kotak Ajaib Sahabat Peternak

Populasi Ayam Kampung yang semakin menurun disertai suhu lingkungan yang tinggi saat ini mengakibatkan telur tidak dapat menetas dengan baik menginisiasi bapak ikhwan bersama pendamping peternakan Desa Wonosekar, Kec. Karangawen, Kab. Demak untuk mendukung kesuksesan dalam budidaya unggas maka telur ayam kampung dapat di tetaskan dengan menggunakan kotak ajaib yang bernama mesin tetas.

 

 

Bahan dan alat :

  1. Mesin tetas manual seri C200
  2. Termometer
  3. Thermostat
  4. Nampan air
  5. Disinfektan
  6. Lampu 5 watt (4 buah)
  7. Roll Kabel

 

Syarat Pemilihan Telur :

  1. Cangkang telur tidak retak;
  2. Cangkang telur bersih dari kotoran;
  3. Bentuk telur seragam bentuk bulat lonjong;
  4. Telur tidak berbau busuk;
  5. Perhatikan lama penyimpanan telur;

 

Cara Penggunaan Mesin Tetas: Read More …

SAPIKU SEHAT, PETERNAK PASTI KUAT

 

Hewan ternak tiada beda pula dengan manusia, jika hewan ternak sehat maka peternak juga merasa sehat dan senang karena hewan juga makhluk hidup sebagai karunia dan amanat Allah SWT yang memiliki peranan penting dalam penyediaan pangan asal hewan dan hasil hewan lainnya serta jasa bagi manusia yang pemanfaatnya perlu diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya jika hewan ternak maka diharapkan mampu meningkatkan produktivitas peternakan.

Read More …

Rumput Gajah Mini sebagai Alternatif Hijauan Pakan Ternak

Kecamatan Karangawen adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Demak yang memiliki potensi komoditas ternak sapi.  Berdasarkan Laporan tribulan II jumlah peternak adalah 601 orang.  Jumlah ternak muda untuk jantan 685 ekor, sedangkan betina 364 ekor.  Jumlah ternak dewasa untuk jantan 291 ekor, sedangkan betina 536 ekor.

Pada even karnaval tingkat kabupaten dalam rangka HUT RI ke-74 berani mengikrarkan sebagai New Zaeland-nya Kabupaten Demak. Read More …

Indigofera, sp. sebagai Alternatif Hijauan Pakan Ternak

Hijauan Pakan Ternak (HPT) merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi peternakan.  Tanpa ketersediaan pakan yang baik, niscaya ternak yang kita pelihara tidak berproduksi secara optimal, karena makanan yang diberikan ke ternak tidak dapat tersedia secara rutin/tetap.  Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang tepat untuk mengatur agar supaya HPT yang diperlukan oleh ternak tidak terganggu ketersediaannya.

Ada beberapa macam hijauan pakan ternak yang layak dan disukai antara lain Indigovera sp.   Tanaman ini tergolong tanaman leguminosa kelompok kacang-kacangan.  Sifat khusus dari tanaman Indigofera bisa tumbuh pada tanah yang kurang subur dan tahan terhadap kemarau panjang.  Pertumbuhannya yang begitu cepat dimana pada umur 12 bulan tanaman indigofera ini bisa mencapai 2 meter berbunga berwarna ungu.  Daun Indigofera merupakan hijauan makanan ternak yang sangat potensial dengan kandungan protein yang tinggi 21-24 %.

Pada waktu pemberian makanan kepada ternak sebaiknya diberikan secara campur.  Hal ini bertujuan agar kandungan yang berada di dalam masing-masing tanaman dapat saling melengkapi, sehingga akan tercukupi kandungan gizi maupun proteinnya.  Selain itu juga akan meminimalkan ternak merasa bosan makan apabila disajikan hanya satu jenis tanaman saja secara berulang-ulang. (Agus Arifin, PPL Kec. Karangawen)

BETERNAK AYAM JOPER

Ayam joper singkatan ayam jawa super yang merupakan hasil perkawinan dari ayam kampung jantan dan ayam petelur betina.

Keunggulan ayam joper yaitu:

  • Pertumbuhannya lebih cepat dari pada ayam kampung
  • Harga jualnya lebih stabil
  • Mempunyai daging yang lezat dan padat dibandingkan ayam broiler.
  • Tahan terhadap penyakit

Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress