Guntur

now browsing by category

 

KUNJUNGAN KERJA BUPATI DI BIDANG PETERNAKAN

Pembangunan Peternakan memiliki peran penting yang strategis dalam perekonomian nasional. Untuk melestarikan salah satu peranannya sebagai penyedia bahan pangan bagi rakyat, dan pemenuhan sumber protein hewani yang utama bagi masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Demak. Salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah adalah dengan pemberian bantuan berupa  sapi betina bunting yang diharapkan bisa meningkatkan populasi serta menumbuhkan minat masyarakat untuk memelihara sapi indukan, maka Dinas Pertanian dan Pangan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mengadakan kegiatan Agribisnis Peternakan bersumber dari APBD memberikan bantuan hibah berupa ternak sapi betina bunting dengan sumber dana DBHCHT di kecamatan penghasil tembakau.

Kunjungan kerja Bupati Demak dengan Sekretaris Daerah Kab. Demak (Jumat, 15 November 2019) meninjau perkembangan peternakan di kandang sapi kelompok “Suka Makmur” Desa Sukorejo, Kecamatan Guntur. Pada kegiatan ini dilaksanakan penyerahan bantuan sapi oleh Bupati Demak didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan kepada kelompok penerima kegiatan Pengembangan Agribisnis Peternakan (Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Sapi Potong (DBHCHT)) Tahun 2019 kepada tiga kelompok yaitu Kelompok “Suka Makmur” Desa Sukorejo Kecamatan Guntur, Kelompok “Dadi Makmur” Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen dan, Kelompok “Mulyo Rahayu” Desa Margohayu, Kecamatan Karangawen berupa ternak sapi bunting 10 ekor, 1 unit kandang dan polis AUTS/K untuk masing-masing kelompok.

Selain itu juga dilakukan penyerahan klaim AUTS/K pada kelompok tani “Angudi Amrih Makmur” Desa Pamongan Kecamatan Guntur dan kelompok tani “Margo Kamulyan’’ Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur, sebagai bentuk kepedulian pada peternak Pemerintah juga menyelenggarakan Asuransi Usaha Ternak Sapi/ Kerbau (AUTS/K) sebagai salah satu upaya untuk melindungi kerugian peternak akibat kematian ternaknya. Perlindungan atas resiko kematian ternak melalui Asurasnsi Ternak Sapi/Kerbau betina produktif dengan program AUTS/K yang bekerja sama dengan PT. JASINDO dengan mendapat subsidi Rp. 160.000,00/ekor/tahun sehingga peternak hanya perlu membayar polis Rp.

40.000,00/ekor/tahun untuk penggantian klaim maksimal Rp 10.000.000,00.

(Endang Istichomah, S. Pt – Pelaksana Bidang PKH).  

 

BINTEK PEMANFAATAN APPO OLEH PETANI TEMBAKAU

Bantuan alat mesin pertanian (APPO) telah banyak digelontorkan pemerintah untuk kelompok tani. Agar pemanfaatan alsintan optimal, petani di Kabupaten Demak mendapat pelatihan Bimbingan teknis Operator Alat Mesin Pertanian (APPO). Kegiatan dipusatkan di Kelompok Tani Sido Mulyo Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Peserta berjumlah 30 orang, yang terdiri dari perwakilan 5 (lima) Kelompok Tani dari 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Karangawen dan Guntur.
Kepala Desa Margohayu, Asrori menilai bahwa Bimbingan teknis Operator Alat Mesin Pertanian (APPO) sangat penting untuk Read More …

ALAT PERAJANG DIBERIKAN, PETANI SENANG PANEN PUN RINGAN

Pada Kamis (5/9/2019) bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menggelar acara penyerahan alat perajang tembakau dalam kegiatan Penyediaan Sarana Produksi Pertanian/Perkebunan DBHCHT di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak. Peserta hari ini terdiri dari ketua-ketua kelompok tani penerima bantuan beserta operator alatnya, P3K dan PPL wilayah binaan. Ada tujuh poktan penerima bantuan yaitu Wargo Utomo, Sari Mulyo, Sido Makmur, Trubus, Dadi Mulyo, Dadi Makmur dan Sumber Rejeki.

Kepala Bidang Perkebunan, Sutarno, S.P., dan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Penyuluhan, Dra. Sri Lestari., M.M., menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Bantuan diberikan agar dapat mendukung proses pasca panen tembakau yang saat ini sedang berlangsung di beberapa wilayah. Kecamatan Mranggen ditargetkan bisa panen tembakau seluas 950 ha, Kecamatan Karangawen 2.740 ha dan Kecamatan Guntur 460 ha, sehingga total perkiraan luas panen tembakau tahun ini Read More …

BASMI WANGWUNG DENGAN FEROTRAP

Wangwung (Oryctes rhinoceros) atau yang biasa disebut dengan kumbang kelapa adalah hama yang sering menyerang tanaman kelapa. Cara kerja hama ini adalah dengan menyerang pelepah daun kelapa hingga patah. Serangan dari hama wangwung bisa sangat mengganggu produktivitas dari tanaman kelapa, karena apabila sudah ada 1 tanaman yang terserang maka akan mengganggu produktivitas tanaman kelapa di sekitarnya.

Berdasarkan informasi dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (BPTPHP) Read More …

PESNAB UNTUK KUTU KEBUL

Gambar di samping bukanlah gambar bapak-bapak yang sedang mengikuti lomba memasak. Bapak-bapak tersebut merupakan peserta Kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) Tanaman Tembakau. Mereka sedang mempraktikkan pembuatan pestisida nabati (Pesnab) untuk mengatasi hama cabuk (kutu kebul) dan ulat daun yang sering menyerang tanaman tembakau. SLPHT yang dilaksanakan Senin kemarin (22/7/2019), berlangsung di Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress