Karangtengah

now browsing by category

 

BPP KARANGTENGAH MELAKSANAKAN PENYULUHAN PENDAHULUAN MT I 2019/2020

Memasuki musim tanam 1 tahun 2019/2020, BPP Karangtengah mengagendakan penyuluhan pendahuluan di 17 desa di seluruh Kecamatan Karangtengah. Penyuluhan melibatkan Pemerintah Kecamatan Karangtengah dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Karangtengah. Seluruh kelompok tani yang ada di masing-masing desa diundang mengikuti penyuluhan yang  digelar di balai desa masing-masing.

Penyuluhan pendahuluan dilaksanakan dalam rangka menyambut musim hujan yang diperkirakan akan jatuh pada akhir bulan September. Read More …

SOIL BLOCK, METODE PERSEMAIAN BENIH RAMAH LINGKUNGAN

Soil block merupakan metode tanam benih (persemaian) dengan media tertentu yang dibentuk dan dipadatkan atau dicetak sehingga membentuk media tanam. Metode ini memungkinkan petani untuk dapat menghasilkan bibit tanaman dengan perakaran yang bagus dan dapat tumbuh kembali dengan baik pada saat pindah tanam atau transplanting.

Soil block diharapkan mempercepat proses tanam serta Read More …

BIOPORI: TAK TERLIHAT, BANYAK MANFAAT

PPL Karangtengah sedang membuat biopori di lahan BPP

Lahan pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karangtengah merupakan lahan tadah hujan. Kondisi lainnya, permukaan tanah lebih rendah dibanding hamparan blok sawah sekitarnya. Salah satu permasalahan yang dialami lahan dengan kondisi seperti ini adalah saat musim hujan tiba, lahan selalu tergenang air. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang tepat agar budidaya pertanian dapat berjalan maksimal. Ada satu solusi sederhana yaitu teknologi biopori.

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan menggunakan Read More …

DEMPLOT PENERAPAN TEKNOLOGI PTT

Farm Field Day (FFD) di BPP Karangtengah, Selasa (9/7/19)

Istilah demplot, akronim dari demonstrasi plot, sudah sangat familiar bagi pelaku usaha pertanian. Bisa dikatakan demplot merupakan salah satu metode punyuluhan favorit penyuluh karena hanya dengan menggunakan lahan percontohan kurang dari 1 ha, penyuluh dapat memperlihatkan keefektifan suatu teknologi budidaya kepada petani. Penyuluh dan petani dapat mengamati perkembangan tanaman mulai dari persiapan lahan sampai panen.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak tahun 2019 mengalokasikan lima demplot di bawah naungan Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna. Lima demplot tersebut berlokasi di lahan BPP Kecamatan Karangtengah, Demak, Karanganyar, Gajah dan Dempet. Kelima demplot tersebut digunakan untuk Read More …

BIMBINGAN TEKNIS PENGOPERASIAN ALSINTAN

Peserta bimbingan teknis sedang praktik membuat dapok

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak sekali lagi mengadakan bimbingan teknis pengoperasian dan pengelolaan alat mesin pertanian (alsintan). Jika sebelumnya Dinas menggandeng Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (berita selengkapnya baca di sini), kali ini Dinas bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor dalam penyelenggaraannya.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 sampai dengan 21 Juni 2019. Bertempat di desa Megonten Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak, acara ini menghadirkan narasumber drh.Wisnu Wasisa P, MP dari BBPKH cinagara Bogor; Kepala Dinpertan Pangan Kabupaten Demak, Ir. Wibowo,M.M.; dan profesional dari PT. Yanmar Indonesia, Dimas Rahmadi P. Selain tiga orang tersebut, dihadirkan pula Pengelola Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) Karya Bersama Desa Megonten, Hadi Sukarjo, yang pada tahun 2018 mendapatkan apresiasi dari Menteri Pertanian RI sebagai juara III UPJA berprestasi tingkat nasional.

Peserta terdiri dari delapan kelompok tani di Kabupaten Demak, yaitu Dewi Sri, Mardi Luhur, Ngudi Mulyo, Asung Tulodo, Arum Tani, Karya Bersama, Ngudi Luhur dan Petani Hebat. Poktan menugaskan dua anggotanya untuk mengikuti bimbingan teknis dengan pendampingan dari PPL masing-masing. Selain itu, sejumlah anggota TNI juga turut menjadi peserta sebagai tindak lanjut nota kesepahaman Kementerian Pertanian dengan TNI dalam menyukseskan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (UPSUS PAJALE).

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress