Karangtengah

now browsing by category

 

MICROGREENS: SAYURAN MINI NUTRISI MAKSI

Pada dasarnya, usia panen tanaman sayuran dibagi menjadi 3, yakni usia kecambah (3-7 hari), usia 14- 21 hari dan usia tanaman dewasa (40-60 hari). Nah Microgreens adalah sayuran yang dipanen di usia 7-14 hari setelah semai. Microgreens bisa juga disebut kecambah yang memanjang, ditanam pada wadah yang sempit dengan tebaran benih yang rapat dan tumbuh serempak dengan media tanah hingga tanaman mencapai 6-10 cm, berdaun tiga, di panen dalam keadaan masih segar. Microgreens adalah tanaman mini yang berwarna hijau atau sayuran kecil. Microgreens dapat dijadikan bahan salad, dan isian sandwich, atau sup serta bisa ditampilkan sebagai garnish. Read More …

SISTEM PAKAR DALAM DUNIA PENYULUHAN PERTANIAN

Aplikasi Sistem Pakar telah dikembangkan dan diterapkan pada area pertanian, yaitu untuk mendiagnosis hama dan penyakit tanaman baik pangan maupun hortikultura serta di dalam bidang mekanisasi pertanian yaitu untuk mendiagnosis kerusakan traktor atau mesin- mesin pertanian lainnya.

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesisfik. Tujuan sistem pakar adalah mentransfer ilmu pengetahuan seorang pakar ke komputer, kemudian melanjutkan dari komputer ke orang lain (yang bukan pakar). Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, dan sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli (Kusumadewi, 2003: 109). Sistem pakar sendiri merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasehat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan, pertanian, dan sebagainya. Sistem pakar merupakan subset dari artificial intelligence.

Sedangkan penyuluhan pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta kemampuan memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya. Penyuluhan pertanian adalah pendidikan non formal untuk para petani dan keluarganya di pedesaan.

Keterbatasan ruang dan waktu yang dimiliki seorang pakar (expert) dalam hal ini penyuluh pertanian lapangan atau pengamat hama pertanian terkadang menjadi kendala bagi petani yang ingin melakukan konsultasi guna menyelesaikan suatu permasalahan dalam kegiatan budidaya pertanian, dengan aplikasi Pakar petani dapat mengetahui tindakan cepat yang harus dilakukan apabila tanamannya terserang hama penyakit atau mesin dan alat pertaniannya mengalami kerusakan tanpa menunggu kehadiran seorang penyuluh atau pengamat hama. Selain itu aplikasi Pakar juga bisa dijadikan sebagai sistem pembelajaran bagi petani tentang hama dan penyakit tanaman, pangan maupun hortikultura, serta alat dan mesin pertanian. (DIAN PURWININGTYAS/THL-TBPP)

PENGENALAN PANGAN B2SA BAGI ANAK SEKOLAH

Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) perlu adanya sosialisasi sejak dini. Salah satu sasaran yang potensial adalah para siswa sekolah dasar. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melalui APBD Provinsi Jawa Tengah secara rutin telah mengadakan Kegiatan Edukasi Pangan B2SA untuk Anak Sekolah selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Untuk tahun 2019, penerima kegiatannya adalah SD Negeri Karangsari 1 yang terletak Read More …

BPP KARANGTENGAH MELAKSANAKAN PENYULUHAN PENDAHULUAN MT I 2019/2020

Memasuki musim tanam 1 tahun 2019/2020, BPP Karangtengah mengagendakan penyuluhan pendahuluan di 17 desa di seluruh Kecamatan Karangtengah. Penyuluhan melibatkan Pemerintah Kecamatan Karangtengah dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Karangtengah. Seluruh kelompok tani yang ada di masing-masing desa diundang mengikuti penyuluhan yang  digelar di balai desa masing-masing.

Penyuluhan pendahuluan dilaksanakan dalam rangka menyambut musim hujan yang diperkirakan akan jatuh pada akhir bulan September. Read More …

SOIL BLOCK, METODE PERSEMAIAN BENIH RAMAH LINGKUNGAN

Soil block merupakan metode tanam benih (persemaian) dengan media tertentu yang dibentuk dan dipadatkan atau dicetak sehingga membentuk media tanam. Metode ini memungkinkan petani untuk dapat menghasilkan bibit tanaman dengan perakaran yang bagus dan dapat tumbuh kembali dengan baik pada saat pindah tanam atau transplanting.

Soil block diharapkan mempercepat proses tanam serta Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress