Monday, June 10th, 2019

now browsing by day

 

CADANGAN PANGAN PEMERINTAH DAERAH MENJAGA STABILITAS PASOKAN PANGAN

Oleh: Budi Sulistyawan,S.P., M.M.*

Cadangan pangan merupakan sumber pangan yang penting disediakan untuk menjaga stabilitas pasokan pangan saat di luar musim panen dan di daerah defisit pangan. Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan menegaskan bahwa dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan, pemerintah menetapkan cadangan pangan nasional. Cadangan pangan nasional  tersebut terdiri atas cadangan pangan pemerintah pusat, cadangan pangan pemerintah daerah dan cadangan pangan masyarakat. Ketersediaan cadangan pangan yang kokoh dan mandiri diharapkan semakin meningkat, karena ancaman krisis pangan global, gejolak pasokan dan harga pangan dunia, dan ancaman bencana alam, juga semakin meningkat. Selain itu, masih ada penduduk miskin dan rawan pangan yang harus mendapat perhatian pemerintah.

Pengelolaan cadangan pangan pemerintah daerah telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Cadangan pangan pemerintah diadakan untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan menghadapi keadaan darurat. Sedangkan cadangan pangan masyarakat dipergunakan untuk menanggulangi kondisi rawan pangan transien (sementara) di lingkungan rumah tangga.

Berdasarkan Permentan Nomor 11 tahun 2018 tentang Penetapan Jumlah Cadangan Beras Pemerintah Daerah bahwa cadangan beras nasional adalah 20% dari total kebutuhan beras nasional dengan pembagian 11,5% cadangan di masyarakat, 8% di pemerintah pusat dan 0,5% di pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten). Pada tahun 2018 target jumlah cadangan pangan daerah Kabupaten Demak berupa beras sebesar 7,5 ton dan telah direalisasikan sebesar 7,7 Ton. Selanjutnya, pada tahun 2019 direncanakan tambahan pengadaan sebesar 10 ton. Penyaluran cadangan pangan kabupaten diatur dalam Peraturan Bupati Demak Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Daerah. Cadangan pangan pemerintah Kabupaten Demak tahun 2018 telah disalurkan ke masyarakat terdampak bencana banjir Desa Sayung Kecamatan Sayung dan Dapur Umum PMI Demak.

*Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress