Tuesday, July 2nd, 2019

now browsing by day

 

PEMBERDAYAAN LMDH DENGAN BUDIDAYA TERNAK KAMBING

Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Demak memang lebih dikenal sebagai daerah pesisir dengan rata-rata ketinggian di bawah 100 mdpl. Meskipun tidak memiliki daerah pegunungan, Kabupaten Demak memiliki dataran di atas 200 mdpl di sebagian Kecamatan Karangawen dan Mranggen. Dengan ketinggian itu, dikombinasikan dengan tanahnya yang berjenis mediteran, daerah tersebut banyak ditumbuhi pohon tahunan. Wilayah yang diusahakan masyarakat untuk ditanamai tanaman berkayu dan Read More …

BANTUAN SARANA ANGKUT RODA TIGA UNTUK PETANI TEMBAKAU DEMAK

Pascapanen merupakan salah satu tahapan yang penting dalam produksi pertanian/perkebunan. Baik buruknya kualitas hasil pertanian/perkebunan sangat dipengaruhi kegiatan ini. Begitu pula pada tanaman tembakau. Dalam budidaya tembakau, panen dan pascapanen merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas tembakau yang dihasilkan.

Daun-daun tembakau yang telah dipanen masih perlu pengolahan sebelum sampai pada konsumen akhir. Proses yang berlangsung sejak dari daun basah sampai daun kering (krosok/rajangan) hingga menjadi bahan atau produk akhir merupakan bagian dari pascapanen. Untuk mendapatkan hasil akhir yang baik, kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan pada penanganan daun tembakau setelah dipanen antara lain :  pengumpulan daun, penyortiran, pemeraman, perajangan dan penjemuran.

Kepala DInpertan Pangan, Ir. Wibowo, M.M, saat membuka acara Pembinaan Teknologi Panen dan Pascapanen Komoditas Tembakau, 13/03/2019

Pada tahun 2019, Kabupaten Demak mendapat kegiatan Bantuan Panen dan Pascapanen Bahan Baku dari dana DBHCHT Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang dialokasikan di 3 kecamatan penghasil tembakau, yaitu Kecamatan Guntur, Kecamatan Karangawen dan Kecamatan Mranggen. Kegiatan tersebut meliputi Pembinaan Teknologi Panen dan Pascapanen Bahan Baku dan pemberian bantuan 8 unit sarana angkut roda tiga. Sosialisasi telah dilaksanakan pada bulan Maret 2019, sedangkan pemberian bantuan sarana angkut dilaksanakan sebulan setelahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan petani dalam penangan panen dan pascapanen tembakau serta memudahkan petani dalam pengangkutan hasil panen untuk menjaga kualitas tembakau sampai tempat pemprosesan selanjutnya.

Pemberian bantuan sarana angkut roda tiga oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinpertan Pangan, Sutarno, S.P.

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress