October, 2019

now browsing by month

 

PROGRAM BUDIDAYA TANAMAN SEHAT DIKELOMPOK TANI “TANI MAKMUR” DESA GEBANG KECAMATAN BONANG

Pada hari Jum’at tanggal 18 September 2019 Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Gebang Kecamatan Bonang mengadakan Sosialisasi Budidaya Tanaman Sehat. Kegiatan Budidaya Tanaman Sehat ini nantinya akan dilaksanakan di dem area seluas 25 ha pada Musim Tanam (MT) I 2019/2020. Pertemuan dihadiri oleh POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan) Kec. Bonang, Kepala Desa Gebang, PPL dan Anggota Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Gebang.

Pertanian sehat adalah proses budidaya  tanaman yang memprioritaskan pada penggunaan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, mudah dan murah untuk mendapatkannya dengan tetap menjaga produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

Tujuan budidaya tanaman sehat adalah :

  • Menghilangkan ketergantungan petani terhadap penggunaan sarana pertanian  kimia sintetik  dengan tetap menjaga tingkat produktivitas pertanian mereka
  • Mengembalikan kesuburan dan  kesehatan lahan pertanian
  • Melestarikan keanekaragaman  hayati pada ekosistem pertanian
  • Mengembangkan kreativitas  dan kemampuan petani dalam mengelola usaha taninya

Prinsip Budidaya Tanaman Sehat :

  • Penggunaan benih/bibit varietas unggul
  • Pengembalian limbah organik ke areal pertanian
  • Pengolahan lahan yang baik dan benar
  • Perawatan tanaman secara intensif serta pengendalian hama dan penyakit secara terpadu

Program Budidaya Tanaman Sehat di Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Gebang Kecamatan Bonang ini difasilitasi oleh pemerintah. Dengan memberikan bantuan berupa kapur pertanian (dolomit) 1 ton per ha yang berfungsi untuk menetralkan pH tanah, paket benih padi varietas unggul 25 kg per ha , pupuk organik 15 ton, APH (Agens Pengendali Hayati) dan refugia untuk melengkapi program budidaya tamanan sehat dalam dem area ini.

POPT Kecamatan Bonang mengatakan dalam pelaksanaanya nanti petani diwajibkan menanam tanaman refugia sebagai tanaman perangkap hama merupakan salah satu teknik pengendalian hama yang berprinsip pada komponen pengendalian non toksik, sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai metode pengendalian lainnya untuk menekan populasi hama. Strategi ini juga dapat meningkatkan peran musuh alami, terutama parasitoid dan predator pada pertanaman.

Diharapkan dengan adanya dem area ini petani Desa Gebang Kecamatan Bonang dapat membuka pikiran dan wawasan untuk berbudidaya tanaman secara sehat sehingga hasil pertanian dapat layak konsumsi dan menyehatkan.
(Neny Susilowati, A.Md/PPL Kec. Bonang) Read More …

Bimbingan Teknis Perawatan ALSIN Pertanian

ALSINTAN (Alat  Mesin Pertanian ) adalah semua alat dan mesin yang digunakan dalam pertanian, baik itu pada saat proses budidaya sampai dengan pasca panen. Peranan alsintan sangatlah dibutuhkan para petani Milenial. Selain untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi pertanian, penerapan alsintan ini juga dapat dijadikan solusi atas kekurangan/mahalnya tenaga kerja yang dibutuhkan dalam proses usahatani.
Untuk menunjang efisiensi penggunaan alsintan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak mendapatkan kegiatan Bimbingan Teknis Perawatan Alat Mesin Pertanian yang telahdilaksanakan di Kelompok Tani Mangudi Bugo Desa Sidokumpul Kecamatan Guntur pada tanggal 8 – 9 Oktober 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang perwakilan dari 6 Kelompok Tani. Kegiatan Bimbingan teknis ini bersumber dari anggaran DBHCHT Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah. Read More …

SAPIKU SEHAT, PETERNAK PASTI KUAT

 

Hewan ternak tiada beda pula dengan manusia, jika hewan ternak sehat maka peternak juga merasa sehat dan senang karena hewan juga makhluk hidup sebagai karunia dan amanat Allah SWT yang memiliki peranan penting dalam penyediaan pangan asal hewan dan hasil hewan lainnya serta jasa bagi manusia yang pemanfaatnya perlu diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya jika hewan ternak maka diharapkan mampu meningkatkan produktivitas peternakan.

Read More …

PENGENDALIAN TIKUS MENJELANG MT I KELOMPOK TANI MANGUN RAHAYU DESA MANGUNREJO

Kondisi lahan kelompok tani Mangun Rahayu desa Mangunrejo kecamatan Kebonagung saat ini masih bero (tidak ada tanaman) menunggu aliran air dari Waduk Kedung Ombo. Akan tetapi populasi tikus saat ini sangat tinggi. Hal ini dapat diketahui dari penyerangan sisa-sisa tanaman kacang hijau secara merata serta pengamatan petani di malam hari. Melihat kondisi seperti itu maka petani perlu mengadakan tindakan penggendalian untuk menekan populasi tikus. Gerakan Pengendalian tikus dilaksanakan pada Sabtu (19/10/2019). Kegiatan ini diikuti oleh anggota kelompok tani Mangun Rahayu, penyuluh pertanian kecamatan Kebonagung, dan Babinsa.

Read More …

Rumput Gajah Mini sebagai Alternatif Hijauan Pakan Ternak

Kecamatan Karangawen adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Demak yang memiliki potensi komoditas ternak sapi.  Berdasarkan Laporan tribulan II jumlah peternak adalah 601 orang.  Jumlah ternak muda untuk jantan 685 ekor, sedangkan betina 364 ekor.  Jumlah ternak dewasa untuk jantan 291 ekor, sedangkan betina 536 ekor.

Pada even karnaval tingkat kabupaten dalam rangka HUT RI ke-74 berani mengikrarkan sebagai New Zaeland-nya Kabupaten Demak. Read More …

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress