Friday, October 4th, 2019

now browsing by day

 

MANISNYA JAMBU MADU SE MANIS HASILNYA

Pak Senen menunjukkan pohon jambu madu yang sedang berbuah

Demak terkenal dengan komoditas jambu delima, begitu juga Kecamatan Gajah tepatnya di Desa Boyolali juga memiliki komoditas unggulan yaitu jambu madu. Jambu ini memiliki rasa manis yang luar biasa. Senen (48) adalah petani pertama yang mencoba membudidayakan jambu madu di Desa Boyolali. Senin (30/09/2019) kami menyempatkan singgah ke rumahnya untuk melihat kebun jambu madu. Disamping rasanya yang enak dan manis, harga yang cukup tinggi sangat menggiurkan.

Dengan semakin banyaknya permintaan pasar akan buah ini masyarakat desa Boyolali mulai melirik untuk membudidayakannya secara luas. Hal ini juga dimantapkan dengan program Desa Boyolali yang ingin mempromosikan Desa Boyolali dengan ikon jambu madunya.

Jambu madu ini memiliki perawatan yang mudah, sama halnya dengan jambu air biasa. Senen menanam jambu di areal sekitar rumahnya. Dari hasil pengamatannya, jambu yang ditanam di dalam tabulampot (planter bag) memiliki kualitas rasa yang bagus bila dibandingkan jika ditanam di tanah secara langsung. Penanaman di dalam pot ini bertujuan agar perlakuan budidayanya lebih terkontrol. Pemberian pupuk juga lebih efisien sebab tidak ada unsur yang terbuang maupun tercuci oleh air hujan. Penanaman jambu dalam pot membuat jambu memiliki rasa yang manis. Read More …

PEMBAGIAN KARTU TANI PADA KELOMPOK TANI MARGO RAHARJO DESA RAJI KECAMATAN DEMAK

Rabu 2 Oktober 2019 bertempat di ruang pertemuan Balai Desa Raji, telah dilaksanakan pembagian kartu tani untuk 53 anggota kelompok tani Margo Raharjo Desa Raji kecamatan Demak. Proses pembagian ditangani langsung oleh 2 orang petugas BRI Unit Karangtengah-Demak yang didampingi oleh PPL wilbin dan sekretaris kelompok tani Ahmad Yusuf. 

Kartu tani yang dibagikan merupakan hasil aktivasi kartu tani yang telah dibagikan sebelumnya, meskipun belum semua anggota kelompok tani mendapat kartu tani tersebut. Pihak BRI unit Karangtengah sudah berkomitmen untuk dapat segera menyelesaikan aktivasi kartu tani di Desa Raji. Ada 2 kelompok tani yang ditangani oleh BRI unit Karangtengah, yaitu kelompok tani Margo Mulyo sejumlah 83 orang dan kelompok tani Margo Raharjo sejumlah 94 orang.

Sebelum pembagian kartu tani tersebut, PPL pertanian wilbin Desa Raji memberikan pengantar mengenai fungsi, manfaat, cara menggunakan kartu tani, hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali para petani tentang penggunaan kartu tani,  mendorong petani untuk mau dan mampu menggunakan kartu tani tersebut, serta mendengar dan menyerap pertanyaan petani sekaligus memberikan jawaban ataupun solusi seputar kartu tani.

Satu hal mendasar yang sangat diharapkan oleh petani adalah ketersediaan pupuk di kios pengecer resmi pupuk subsidi. Jadi kapanpun petani ingin membeli pupuk subsidi barangnya harus selalu ada, supaya tanaman mendapat pupuk tepat waktu. Dengan demikian, tanaman dapat tumbuh subur dan memberikan hasil yang memuaskan.

Program kartu tani menjadi salah satu unggulan pemerintah saat ini khususnya dibidang pertanian, supaya bantuan subsidi pupuk untuk petani benar-benar tepat sasaran, peredaran pupuk subsidi dapat lebih terpantau. Namun semuanya itu perlu dukungan dan kerjasama yang baik antar pihak-pihak yang terkait, supaya pemakaian kartu tani di Kabupaten Demak dapat berjalan dengan lancar. (Agus Susilo/PPL Kecamatan Demak)

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress