SAYURAN DI PASAR BINTORO DEMAK BEBAS PESTISIDA

Kabid Ketahanan Pangan Dinpertan Pangan Demak, Dewi Suciati, S.Pt, sedang memeriksa sayuran di Pasar Bintoro Demak

Permintaan bahan pangan selama bulan Ramadan cenderung meningkat dari hari biasa. Selain memastikan ketersediaan produksi di tingkat produsen, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak juga berkewajiban memastikan keamanan bahan pangan yang beredar di tingkat konsumen. Oleh karena itu, bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melakukan Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Pengawasan dilakukan dengan mengambil sampel enam jenis sayuran yaitu sawi, tomat, kembang kol, brokoli, wortel dan seledri. Pengambilan sampel dilakukan di Pasar Bintoro sebagai pasar induk Kabupaten Demak pada hari Selasa, 21 Mei 2019. Sayuran yang beredar di Kabupaten Demak sebagian besar merupakan sayuran yang berasal dari daerah Bandungan Kabupaten Semarang. Sayuran ini dipasok dari pengepul di Pasar Johar.

Metode pengujian sampel menggunakan tes cepat dengan bantuan alat G-9 Fast Pesticide Detection yang berguna untuk mendeteksi kandungan pestisida dalam sayuran segar. Dengan bantuan alat ini, dalam waktu kurang dari 15 menit, petugas dapat mengetahui ada atau tidaknya orghanphosphate/carbamate/atau acetylcholinesterase inhibitor yang merupakan indikasi keberadaan zat aktif pestisida dalam sayuran. Dari pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil negatif untuk semua indikator, atau dengan kata lain, seluruh sampel dinyatakan bebas kandungan pestisida dan aman dikonsumsi.

 

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress