TINGKATKAN MUTU TEMBAKAU MELALUI DEMPLOT DAN SEKOLAH LAPANG

Penyerahan paket Demplot kepada Kelompok Tani Rukun Santoso Desa Blerong Kecamatan Guntur

Tembakau merupakan salah satu komoditas andalan Jawa Tengah khususnya Kabupaten Demak. Hal ini dapat dilihat dari besarnya cukai yang disumbangkan sebagai penerimaan daerah yang selalu meningkat tiap tahunnya. Meski diakui ada pengaruh psikologis terhadap pangsa pasar akibat kampanye dunia anti-rokok, terbitnya Perda bebas asap rokok di beberapa daerah serta fatwa haram merokok oleh MUI, income elasticity of demand terhadap tembakau sementara ini masih relatif stabil.

Kabupaten Demak khususnya Kecamatan Mranggen, Guntur dan Karangawen memiliki lahan yang sangat cocok untuk ditanami tanaman tembakau. Unsur hara yang terkandung di lahan perkebunan tiga kecamatan tersebut menghasilkan tembakau mranggenan dengan aroma yang sangat unik. Keunggulan tembakau Demak telah diakui, terbukti dengan diterimanya penghargaan Terbaik I Festival Uji Aroma Tembakau Tingkat Provinsi Jawa Tengah an. Kelompok Tani Tlogo Asri Ds. Tlogorejo Kec. Karangawen pada tahun 2018.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Demak, Dinas Pertanian dan Pangan melalui Bidang Perkebunan melakukan kegiatan Demplot Tembakau dan Sekolah Lapang bagi Petani Tembakau di tiga kecamatan potensi tembakau. Kegiatan tersebut dibiayai melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Pada tiap demplot, kelompok tani (poktan) akan mendapatkan bantuan bibit tembakau, pupuk ZA, KNO, pestisida dan mistblower.

Kegiatan Sekolah Lapang di Poktan Pangudi Desa Kangkung Kecamatan Mranggen

Demplot tersebut dibarengi dengan Sekolah Lapang (SL) yang rencananya akan dilaksanakan selama bulan Juni dan Juli 2019. Tiap kecamatan mengirimkan dua poktan dengan jumlah peserta masing-masing 30 orang. SL bertujuan untuk memberikan informasi manajemen tembakau terbaru bagi petani, khususnya terkait penanganan hama dan penyakit. Dengan adanya bantuan kegiatan berupa pelatihan, sarana, prasarana penunjang serta peralatan pascapanen diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tembakau sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

 

 

 

 

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.