DEMPLOT PENERAPAN TEKNOLOGI PTT

Farm Field Day (FFD) di BPP Karangtengah, Selasa (9/7/19)

Istilah demplot, akronim dari demonstrasi plot, sudah sangat familiar bagi pelaku usaha pertanian. Bisa dikatakan demplot merupakan salah satu metode punyuluhan favorit penyuluh karena hanya dengan menggunakan lahan percontohan kurang dari 1 ha, penyuluh dapat memperlihatkan keefektifan suatu teknologi budidaya kepada petani. Penyuluh dan petani dapat mengamati perkembangan tanaman mulai dari persiapan lahan sampai panen.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak tahun 2019 mengalokasikan lima demplot di bawah naungan Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna. Lima demplot tersebut berlokasi di lahan BPP Kecamatan Karangtengah, Demak, Karanganyar, Gajah dan Dempet. Kelima demplot tersebut digunakan untuk demplot padi yang merupakan komoditas utama Kabupaten Demak. Teknologi yang ingin didiseminasikan kepada petani adalah PTT (pengelolaan tanaman terpadu) yang memiliki 5 aspek penting: penggunaan bibit unggul, tanam sistem jajar legowo, pemupukan berimbang, pengairan berselang dan pengendalian OPT.

Pada Selasa (9/7/2019) dilaksanakan farm field day (FFD) di BPP Karangtengah yang menjadi puncak kegiatan demplot. Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan beserta Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Koordinator KJF dan Penyuluh Kabupaten Demak bertemu petani untuk bertukar informasi sekaligus melakukan panen bersama atas lahan demplot yang telah diusahakan. Menggunakan padi varietas bestari, demplot BPP Karangtengah berhasil mendapatkan angka ubinan 4,005 kg atau setara produktivitas 6,408 ton/ha. Hasil ini masih bisa ditingkatkan mengingat aspek pengairan berselang belum dilaksanakan secara maksimal. Kondisi lahan BPP Karangtengah mempunyai posisi lebih rendah daripada lahan sekitarnya sehingga lebih sering terendam air.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.