PEMBINAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS

Pembinaan dan pendampingan LKM-A, Selasa (16/7/2019)

PUAP, kepanjangan dari Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan, merupakan program pemerintah berupa bantuan dana kepada gabungan kelompok tani (gapoktan) yang dikelola dan dikembangkan sendiri untuk meningkatkan usaha agribisnis anggotanya. Program ini berjalan sejak tahun 2008 sampai 2016, dengan jumlah bantuan modal sebanyak 100 juta rupiah per gapoktan. Dalam kurun waktu tersebut, PUAP telah menjangkau 139 gapoktan di Kabupaten Demak. Sejak peluncurannya, setiap gapoktan mendapatkan pendampingan dan bimbingan pengelolaan oleh seorang Penyelia Mitra Tani (PMT), selain oleh PPL di wilayah masing-masing.

Meskipun kucuran dana sudah tidak dilanjutkan oleh Kementerian Pertanian, tetapi sayang sekali jika gapoktan yang telah diberi modal tidak didampingi. Oleh karena itu, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melalui Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan kembali mengadakan pendampingan gapoktan penerima PUAP pada tanggal 16 Juli 2019 di ruang pertemuan Dinpertan Pangan. Hal ini dilakukan mengingat tidak semua gapoktan telah mampu mengelola keuangannya dengan baik. Bagaimanapun, anggota gapoktan merupakan petani dengan sumberdaya manusia yang beragam dan sebagian besar tidak memiliki latar belakang administrasi keuangan.

Pada kegiatan tersebut diundang 25 gapoktan yang terdiri dari Ketua dan pengurus LKM-A (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis), sebuah lembaga keuangan milik gapoktan penerima PUAP yang kepengurusannya telah terpisah dari kepengurusan gapoktan. Dari 25 LKM-A, 10 LKM-A sudah berkembang baik dan sisanya masih perlu pembinaan dalam pengelolaan keuangannya. Sebagai contoh, gapoktan Harapan Makmur Desa Kuwu dan gapoktan Tani Makmur Desa Cabean sudah mampu mengembangkan dana yang diberikan dan berhasil mendirikan koperasi untuk petani. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan modal yang telah diberikan pemeritah dapat terus terpantau, tidak habis sia-sia dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.(Catur Hikmah W/PPL Sayung)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.