SUKA CITA PESTA PATHOK

Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak mengadakan bakti sosial dan bantuan penanggulangan akibat kekeringan kepada masyarakat di Dukuh Karangkumpul, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Rabu (21/08/2019). Acara tersebut dinamai “Pesta Pathok”. Disebut pesta pathok karena ternak-ternak yang akan mendapatkan pengobatan, dikumpulkan di satu lokasi dan ditambatkan pada pathok-pathok (pasak: Ind, red). Pesta dipimpin oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Dyah Purwatiningsih, MM. Seluruh staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Petugas Peternakan Kecamatan (P2K) beserta staf Bidang Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Kegiatan meliputi pengobatan gratis, Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksaan Kebuntingan (PKb), dan Asisten Teknis Reproduksi (ATR).

Maksud acara tersebut untuk memberikan apresiasi kepada peternak/pelaku usaha peternakan sekaligus untuk membangun silaturahim antara peternak, petugas dan pemerintah. Selain itu, juga sebagai upaya untuk memotivasi para generasi muda untuk mencintai peternakan. “Bangga Menjadi Peternak” turut dikampanyekan karena banyak anak muda yang menganggap peternakan identik dengan pekerjaan kotor dan bau. Padahal, peternakan mempunyai peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dalam menghasilkan protein hewani yang sangat dibutuhkan umat manusia.

Sapi dan kambing merupakan ternak yang dominan di Dukuh Karangkumpul, Desa Banyumeneng. Jumlah hewan ternak yang mendapat pengobatan gratis dalam acara kemarin yaitu sapi jantan 29 ekor, sapi betina 87 ekor, kambing jantan 42 ekor dan kambing betina 75 ekor. Masyarakat di dukuh tersebut mengharapkan agar pengobatan gratis dapat dilaksanakan rutin setiap tahun.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.