MONEV KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI KECAMATAN GAJAH

Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak bersama dengan PPL Kecamatan Gajah melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan KRPL di tiga KWT pada tiga desa di kecamatan Gajah, Senin (2/9/2019). Tiga desa tersebut yaitu Desa Boyolali, Desa Gedangalas dan Desa Sambiroto. Desa-desa tersebut dipilih sebagai penerima kegiatan karena masih ditemukannya kasus stunting. KRPL merupakan model pemanfaatan setiap jengkal lahan termasuk lahan tidur, lahan kosong yang tidak produktif pada kawasan pekarangan, sebagai penghasil pangan untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga, sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

Monitoring diawali dengan kunjungan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Teratai di Desa Boyolali yang  diterima oleh Ketua KWT, Zahrul. Tahun ini, KWT Bunga Teratai melanjutkan kegiatan sejenis yang telah diterima pada tahun 2018. Kegiatan sudah berjalan dengan baik, tinggal menunggu pengadaan bibit di bulan Oktober sambil menunggu datangnya hujan. Kunjungan berikutnya yaitu ke Desa Gedangalas pada KWT Langgeng Puspita yang diterima oleh ketua beserta pengurus. Kegiatan KRPL pada KWT ini sampai dengan tahap pengadaan dan distribusi ayam kampung untuk anggota. Lokasi terakhir yang dikunjungi yaitu KRPL di KWT Sambiarum, Desa Sambiroto. KWT Sambiarum telah sampai pada tahap pencairan dana tahap kedua yang telah dimanfaatkan untuk pengadaan ayam joper. Saat ini, ayam sudah berumur 37 hari.

Dalam monitoring ini, Dewi Suciati, S.Pt., Kepala Bidang Ketahanan Pangan, menekankan pentingnya tertib administrasi dalam pelaksanaan kegiatan KRPL. Dengan dokumentasi yang baik, setiap saat dilakukan pemeriksaan ataupun kepentingan lain, informasi dapat dengan mudah diketahui. Manfaat KRPL diharapkan dapat semakin terasa untuk anggota berupa perbaikan gizi maupun peningkatan pendapatan.

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress