KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI DESA DONOROJO KECAMATAN DEMAK

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan melalui upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dilakukan dengan pendampingan oleh Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan serta dikoordinasikan bersama petugas terkait.

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep KRPL selama ini telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik bagi anggota kelompok wanita maupun lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pangan untuk dikonsumsi keluarga, penghematan pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari.

Dalam rangka mempercepat penganekaragaman pangan dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Demak telah melaksanakan kegiatan strategis dan prioritas yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini merupakan model pemanfaatan setiap jengkal lahan termasuk lahan kosong yang tidak produktif pada pekarangan sebagai penghasil pangan sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

Kegiatan KRPL dilaksanakan untuk mendukung progam pemerintah dalam penanganan stunting, Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja), penanganan wilayah rentan rawan pangan dan pengembangan daerah perbatasan. Kegiatan KRPL pada Desa Donorojo Kecamatan Demak mendukung kegiatan Bekerja diberikan bantuan ternak unggas sebanyak 1.350 ekor ayam dan sarananya untuk peningkatan produksi ternak unggas melalui pemanfaatan lahan pekarangan dan peningkatan konsumsi pangan dan gizi. Sosialisasi telah dilakukan sejak bulan Mei 2019, sedangkan penyerahan bantuan dilakukan bertahap sejak Agustus kemarin. (Rahmadanti YN, S.TP./PPL Kecamatan Demak)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress