BPP SAYUNG TINDAKLANJUTI HIMBAUAN WASPADA ULAT GRAYAK

Pada hari Selasa (27/8/2019), BPP Sayung menggelar acara pertemuan kelompok tani tingkat kecamatan yang bertempat di Kantor BPP Sayung. Acara diikuti oleh ketua kelompok tani se-kecamatan Sayung dengan menghadirkan narasumber Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kecamatan Sayung, Budhi Santosa, S.P. Pertemuan tersebut secara khusus menginformasikan tentang keberadaan ulat grayak jenis baru.

Beberapa waktu yang lalu, POPT mengamati adanya indikasi serangan hama ulat grayak Spodoptera frugiperda (UGF) pada lahan jagung di beberapa desa di Kecamatan Sayung. Pada kesempatan tersebut, Budhi Santosa mengatakan,“Spodoptera frugiperda merupakan salah satu hama yang cukup berbahaya untuk tanaman jagung karena dapat merusak tanaman dalam waktu singkat”. Tidak hanya menyebutkan ciri-ciri UGF, ia juga menyampaikan upaya-upaya pencegahan dan pengendaliannya.

Jika petani menemukan kelompok telur, larva maupun pupa UGF, harus segera dimusnahkan. Jika luas serangan telah melebihi 20%, perlu segera dilakukan tindakan pengendalian, seperti pemakaian insektisida. Untuk mencegah risiko serangan, budi daya jagung sebaiknya dilakukan secara tumpang sari atau dengan menanam refugia di tepi lahan. Lebih banyak informasi tentang Spodoptera frugiperda (UGF) dapat dibaca di sini(Catur Hikmah W./PPL Kecamatan Sayung)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress