BANTUAN KAMBING PE UNTUK POKTAN SIDO MAKMUR DESA NGEGOT

Kambing adalah ruminansia kecil yang sangat populer di kalangan para peternak. Hal tersebut disebabkan karena kambing mudah dibudidayakan. Pakan hijauannya pun tersedia setiap saat, baik di musim kemarau maupun di musim penghujan. Pada hari Selasa (3/9/2019), bertempat di Desa Ngegot Kecamatan Mijen, Kelompok Tani Sido Makmur menerima bantuan ternak kambing peranakan etawa (PE) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kambing PE yang diberikan kepada peternak berjumlah 24 ekor yang terdiri dari 20 ekor betina dan 4 ekor jantan. Bantuan diberikan kepada 20 orang peternak. Bantuan tersebut diharapkan dapat memacu ketahanan pangan dalam sektor peternakan. Sebagaimana diketahui, usaha peternakan merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Kelompok ternak yang mendapatkan bantuan, diharapkan bisa mengembangkan bantuan yang sudah diterima dengan sebaik-baiknya. Kambing merupakan ternak yang cepat menghasilkan keuntungan. Sekali beranak bisa lebih dari satu, masa kebuntingan cepat dan interval beranaknya pun tidak terlalu lama. Dinas Pertanian dan Pangan melalui Petugas Peternakan maupun PPL di BPP Mijen siap mendampingi peternak penerima bantuan dalam praktik pengelolaan dan pembudidayaan ternak bantuan. (Annis Rahvita D./BPP Kecamatan Mijen)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.