MONITORING DAN EVALUASI GESEK ONLINE KARTU TANI

Pemilik KPL Manunggal Tani, Sopian, bersama admin PPL Bumirejo, Siswati, S.P.

Pada hari Jumat (30/8/2019), admin kartu tani sekaligus PPL Desa Bumirejo melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) kartu tani dalam rangka percepatan aplikasi kartu tani di Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.  Kegiatan ini bertempat di KPL (kios pupuk lengkap) Manunggal Tani milik Sopian di Dukuh Titang Desa Bumirejo.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memantau sejauh mana KPL melakukan pembelian pupuk bersubsidi dengan gesek online kartu tani.  KPL Manunggal Tani membawahi 2 poktan yaitu Kelompok Tani Sumber Panguripan dan Sido Makmur dengan jumlah petani masing-masing 217 dan 135 orang.  Belum semua petani menerima kartu tani. Poktan Sumber Panguripan baru menerima 91 kartu, sedangkan Poktan Sido Makmur sebanyak 31 kartu.  Kartu tani sebagai alat pembayaran pupuk bersubsidi diharapkan mampu mendukung program pemerintah dalam penyaluran subsidi yang tepat sasaran.

Beberapa kendala yang teridentifikasi selama kegiatan monev diantaranya lambatnya pihak BRI dalam menerbitkan kartu tani, sehingga baru 35% kartu yang tercetak, KPL belum paham cara gesek online kartu tani dan masih ditemukan kebijakan yang tidak sinergis antara pemerintah dengan distributor pupuk. Melalui kegiatan ini, KPL mendapat pengetahuan yang lebih baik tentang kartu tani, sehingga kendala kedua dapat teratasi saat itu juga. Selanjutnya, akan segera dilakukan koordinasi dengan pihak BRI dalam upaya percepatan penerbitan kartu tani.(Siswati, S.P./PPL Kecamatan Karangawen)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress