SISTEM PAKAR DALAM DUNIA PENYULUHAN PERTANIAN

Aplikasi Sistem Pakar telah dikembangkan dan diterapkan pada area pertanian, yaitu untuk mendiagnosis hama dan penyakit tanaman baik pangan maupun hortikultura serta di dalam bidang mekanisasi pertanian yaitu untuk mendiagnosis kerusakan traktor atau mesin- mesin pertanian lainnya.

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesisfik. Tujuan sistem pakar adalah mentransfer ilmu pengetahuan seorang pakar ke komputer, kemudian melanjutkan dari komputer ke orang lain (yang bukan pakar). Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, dan sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli (Kusumadewi, 2003: 109). Sistem pakar sendiri merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasehat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan, pertanian, dan sebagainya. Sistem pakar merupakan subset dari artificial intelligence.

Sedangkan penyuluhan pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta kemampuan memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya. Penyuluhan pertanian adalah pendidikan non formal untuk para petani dan keluarganya di pedesaan.

Keterbatasan ruang dan waktu yang dimiliki seorang pakar (expert) dalam hal ini penyuluh pertanian lapangan atau pengamat hama pertanian terkadang menjadi kendala bagi petani yang ingin melakukan konsultasi guna menyelesaikan suatu permasalahan dalam kegiatan budidaya pertanian, dengan aplikasi Pakar petani dapat mengetahui tindakan cepat yang harus dilakukan apabila tanamannya terserang hama penyakit atau mesin dan alat pertaniannya mengalami kerusakan tanpa menunggu kehadiran seorang penyuluh atau pengamat hama. Selain itu aplikasi Pakar juga bisa dijadikan sebagai sistem pembelajaran bagi petani tentang hama dan penyakit tanaman, pangan maupun hortikultura, serta alat dan mesin pertanian. (DIAN PURWININGTYAS/THL-TBPP)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress