GAPOKTAN “GUYUB RUKUN” DESA TLOGOSIH SIAP LAKSANAKAN KAJI TERAP UJI VARIETAS

Pada Musim Tanam (MT) I 2019/20120 ini Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Guyub Rukun Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak akan mengadakan kegiatan kaji terap varietas padi. Kaji terap ini bertujuan: pertama, meyakinkan petani pada paket teknologi usaha tani padi yang paling sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kondisi usaha tani dan kondisi sosial ekonomi usaha tani di wilayahnya. Kedua, mempercepat penyebaran informasi teknologi yang direkomendasikan secara umum.

Kegiatan kaji terap ini rencananya dilaksanakan pada lahan seluas 5.300 m2 dengan jumlah lima petak. Lahan yang akan digunakan adalah lahan milik Pemerintah Desa Tlogosih yang dipinjamkan kepada Gapoktan Guyub Rukun untuk dikelola. Lahan tersebut nantinya akan ditanami 5 jenis varietas padi yang berbeda yaitu : Inpari 32, Inpari 33, Inpari 43, Ciherang, dan M400. Untuk varietas inpari 32 sistem budidayanya meggunakan sistem budidaya mina padi. Kegiatan kaji terap ini menggunakan biaya dari Pemerintah Desa Tlogosih yang berasal dari dana ADD 2019 pada pos pembiayaan peningkatan sumber daya manusia.

Lokasi lahan yang akan dijadikan percontohan kaji terap uji varietas ini pun telah disurvey pada Sabtu (5/10/2019). Survey dihadiri oleh pengurus Gapoktan Guyub Rukun, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kebonagung dan Pemerintah Desa Tlogosih. Bahkan dalam rangka mensukseskan kegiatan kaji terap tersebut turut hadir pula Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah. (Hardianti, SP/PPL BPP Kebonagung)

 

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress