PELATIHAN TEKNIS PETERNAKAN UNGGAS BAGI SANTRI MILENIAL

Upaya pembangunan pertanian dan peternakan oleh Kementrian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Sembawa di Kabupaten Demak salah satunya yaitu melalui program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM). Program ini dicanangkan oleh Kementrian Pertanian Kementrian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa tahun 2019 berdasarkan Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa Nomor 06002/Kpts/PK.210/F2.D/09/2019 tentang Penetapan Penerimaan Kegiatan Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Tani Mileneal (KSTM) melalui Pengembangan Ternak Ayam Tahun 2019 di Provinsi Jawa Tengan Tahap II Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa Tahun Anggaran 2019.

Program KSTM berupa bantuan paket budidaya unggas yaitu ayam sebanyak 500 ekor, pakan sebanyak 500 kg, dan biaya pembuatan kandang sebesar tiga juta. Pelatihan tematik bagi petani milenial yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Kesahatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor diberikan kepada 30 peserta santri perwakilan dari 11 KSTM yang berlangsung selama dua hari, tanggal 4-5 Oktober 2019 di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak. Sebagai dasar hukum pelaksanaan adalah Keputusan Kepala Balai Besar Pelatihan Hewan (BBPKH) Cinagara Nomor 360/kpts/OT.050/I.12/09/2019 tanggal 25 September 2019 tentang Pelatihan Tematik bagi Petani Milenial. Selanjutnya para santri yang tergabung dalam KSTM tersebut akan memperoleh pendampingan dan bimbingan dari para Penyuluh Peternakan Kecamatan (P2K) setempat. Pelatihan dibuka oleh Kepala BBPKH Cinagara Bogor drh. Wisnu Wasisa Putra, MP, didampingi oleh Kabid Peternakan dan Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak, Ir. Dyah Purwatiningsih, MM. drh. Wisnu Wasisa Putra, MP menegaskan bahwa “KSTM merupakan program prioritas bagi para santri untuk memajukan pembangunan pertanian dan peternakan Indonesia dan khususnya santri di Kab. Demak.

Materi yang diberikan antara lain tentang perkandangan, tata cara pemeliharaan ayam, penerapan biosekuriti, vaksinasi, pencegahan penyakit ayam, pengelolaan pakan ayam, penetasan dan rencana implementasi. Fasilitator dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak bekerja sama dengan tim dari BBPKH Cinagara Bogor. Selain materi juga dilakukan praktek cara penetasan yang baik, tepat dan benar kepada peserta yang diharapkan agar bantuan ayam sebanyak 500 ekor tersebut dapat berkembang menjadi lebih banyak, serta dapat meningkatkan kesejahteraan santri dengan pemenuhan protein hewani. (Endang Istichomah, S. Pt-Pelaksana Bidang PKH)

Tag : KSTM, pelatihan tematik, ayam

 

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress