SOSIALISASI DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT DI KELOMPOK TANI “BANGUN TANI” DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM

  • Koordinator Penyuluh Pertanian, Endah Rahmawati, S.Pt menyampaikan pentingnya budidaya tanaman sehat.

Budidaya padi secara intensif tanpa memperhitungkan keseimbangan agroekosistem ternyata dapat menurunkan unsur hara dalam tanah sehingga mengakibatkan kuantitas dan kualitas produksi menurun. Penggunaan pestisida yang melebihi ambang batas juga berpotensi meningkatkan serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) karena populasi musuh alami makin sedikit. Untuk itu diperlukan upaya mengembalikan kesuburan tanah agar tanaman padi dapat berkembang dengan baik. Salah satu upayanya yaitu dengan mengajak petani untuk menerapkan budidaya tanaman sehat.

Pada Jum’at (04/10/2019) Kelompok tani “Bangun Tani” desa Kendaldoyong Kecamatan Wonosalam mengadakan Sosialisasi dalam rangka kegiatan dem area budidaya tanaman sehat. Sosialisasi berlangsung di Balaidesa Kendaldoyong. Acara ini dihadiri oleh Penyuluh Pertanian BPP Wonosalam, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Babinsa Kendaldoyong serta petani anggota kelompok tani Bangun Tani.

Disampaikan pada sosialisasi bahwa dem area budidaya tanaman sehat merupakan suatu metode percontohan penerapan budidaya tanaman sehat pada suatu hamparan padi di lahan sawah yang bertujuan untuk mengelola pertanaman padi sehingga aman dari gangguan OPT. Kegiatan ini bersumber dari dana APBN melalui Balai Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (BPTPHP) Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2019.

Langkah – langkah yang perlu dilakukan petani dalam budidaya tanaman sehat yaitu pengolahan tanah yang baik dan benar, pemakaian pupuk organik serta aplikasi kapur dolomit. Pupuk organik dan kapur dolomit bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik, biologi dan kimia tanah. Langkah selanjutnya adalah penggunaan pestisida biologi guna mengendalikan OPT. Penanaman refugia merupakan satu rangkaian upaya yang juga perlu dilakukan. Gunanya untuk meningkatkan populasi musuh alami sehingga dapat menekan serangan OPT.  Kegiatan dem area budidaya tanaman sehat tersebut akan diterapkan pada musim tanam I tahun 2019/2020 ini nanti. (Deni Hestina, S.Pt/PPL BPP Wonosalam)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress