MONEV LUMBUNG PANGAN MASYARAKAT DI KABUPATEN DEMAK

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menerima kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan Pengembangan Lumbung Masyarakat dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh Ir. Wawan Riyanto, MP Selaku Kasubag Program Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah beserta anggota (18/10/2019). Tim melaksanakan monitoring dan Evaluasi ke Kelompok Tani Tani Maju Desa Tempuran Kecamatan Demak dan Kelompok Tani Margo Rejo Desa Jatirejo Kecamatan Karanganyar yang mendapatkan Bantuan Modal Gabah Kegiatan Pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat pada tahun 2018 sebanyak 2,8 Ton.

Hasil monitoring dan evaluasi didapat bahwa bantuan modal gabah tersebut sangat bermanfaat bagi kelompok tani dan sudah berkembang menjadi lebih banyak karena pengembalian gabah oleh anggota disepakati memberikan jasa berupa gabah. Namun disisi lain administrasi kelompok masih perlu untuk dibenahi oleh karena itu pendampingan penyuluh pertanian di desa sangat diperlukan. Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan, P3K dan PPL lapangan yang hadir  siap memberikan pendampingan kepada kelompok kelompok Lumbung Pangan di Kabupaten Demak.

Setiap tahun Pemerintah Kabupaten Demak memfasilitasi program pengembangan lumbung pangan masyarakat sehingga sejak tahun 2010 sampai dengan Tahun 2019  pemerintah telah memfasilitasi sebanyak 30 kelompok/gapoktan pengelola lumbung pangan masyarakat. Tujuan pelaksanaan Program Pengembangan lumbung pangan masyarakat yaitu:

Meningkatkan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya.

  1. Meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan.
  2. Sebagai lembaga yang berorientasi bisnis dan manajemen modern.
  3. Tersedianya fisik/gudang lumbung pangan dan sarana yg lain.
  4. Berkembangnya organisasi, SDM pengurus, administrasi dan jaringan/kemitraan.
  5. Berkembangnya usaha yang produktif dan menguntungkan.
  6. Menjadi Penggerak Ekonomi di Pedesaan

(Budi Sulistyawan, SP. MM/Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.