MONITORING USAHA PANGAN ASAL HEWAN

 

Rumah Potong Unggas (RPU) adalah suatu bangunan atau kompleks bangunan dengan syarat tertentu yang digunakan sebagai tempat untuk memotong unggas bagi konsumsi masyarakat umum serta sebagai unit/saran pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging sehat. RPU merupakan tempat yang ditunjuk dan diakui untuk mengawasi proses pemotongan unggas yang akan digunakan untuk konsumsi manusia.

Fungsi RPU secara umum merupakan fasilitas atau saran tempat berubahnya bentuk unggas menjadi karkas atau daging unggas dan bagian-bagian lainnya. Penyediaan daging unggas melalui jasa RPU yang dilakukan dengan prosedur pemotongan yang benar melalui pemeriksaan antemortem  dan postmortem  dalam upaya memproduksi daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) dengan memperhatikan kesejahteraan hewan.

Monitoring pada usaha pangan asal hewan di RPU CV. Hajar Aswad (Kamis, 7 November 2019) lokasi di Jalan Kauman Desa Kalikondang Rt 4 Rw 2, Kecamatan Demak. Monitoring oleh drh. Sri Padyastuti, Endang Istichomah, S.Pt dan Nasron dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak. Monitoring dilakukan untuk membina pengusaha di bidang pangan asal hewan yang mandiri, agar mengikuti prosedur pendirian dan pelaksanaan usaha yang ditentukan oleh Dinas-dinas Pemerintahan Daerah terkait.

Dalam usaha pangan asal hewan seharusnya memiliki izin usaha dari Dinas Pertanian dan pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, DinPMPTSP, pengolahan limbah air dengan Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas lainnya. Selain itu juga diperlukan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dinas Pertanian dan Pangan menghimbau agar para pengusaha pangan asal hewan selalu membina hubungan tentang kemajuan jalannya usaha dengan dinas-dinas terkait agar usaha tersebut lancar serta bahan pangan asal hewan tersebut halal dikonsumsi oleh masyarakat Demak dan selanjutnya masyarakat Indonesia lebih luas.

(Endang Istichomah, S.Pt – Pelaksana Bidang PKH)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.