SELAIN PADI, KINI SAPI DAN KERBAU ADA ASURANSINYA

Menyusul keberhasilan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang telah diluncurkan sebelumnya, Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan PT. Jasindo (Jasa Asuransi Indonesia) pada tahun 2016 menggulirkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K). Berbeda dengan AUTP yang sudah banyak dibicarakan di kalangan petani Kabupaten Demak, AUTS/K masih terbilang baru. Meskipun sama-sama memiliki risiko kegagalan panen/produksi akibat wabah penyakit dan bencana alam, usaha peternakan memiliki faktor risiko yang lebih luas daripada usaha tani padi, seperti kemungkinan terjadinya kematian akibat kecelakaan, keracunan maupun risiko kematian saat beranak. Oleh karena itu, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Peraturan Menteri Pertanian Nomor 40/Permentan/SR/.230/7/2015 tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian perlu diselenggarakan program AUTS/K.

Secara khusus, AUTS/K dimaksudkan untuk melindungi peternak yang mengalami kerugian usaha budidaya ternaknya¸ sehingga akan mendapat dana ganti-rugi asuransi yang dapat digunakan sebagai modal dalam melanjutkan usahanya. Tujuan penyelenggaraan AUTS/K adalah untuk mengalihkan risiko kerugian usaha akibat sapi/kerbau mengalami kematian dan/atau kehilangan kepada pihak lain melalui skema pertanggungan asuransi.

Kriteria peserta AUTS/K adalah:
1. Peternak sapi/kerbau yang melakukan usaha pembibitan dan/atau pembiakan;
2. Sapi/kerbau betina dalam kondisi sehat, minimal berumur 1 (satu) tahun dan masih produktif;
3. Khusus sapi perah kondisi sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari petugas;
4. Sapi/kerbau yang didaftarkan menjadi peserta AUTS/K paling banyak 10 (sepuluh) ekor per peternak skala kecil.

Persyaratan peserta AUTS/K adalah:
1. Sapi/kerbau memiliki penandaan/identitas yang jelas (eartag, necktag, micro-chip atau lainnya);
2. Peternak sapi/kerbau bersedia membayar premi swadaya sebesar 20% dari nilai premi; dan
3. Peternak sapi/kerbau bersedia memenuhi persyaratan dan ketentuan polis asuransi.

Prosedur pendaftaran peserta AUTS/K:

  1. Peternak yang mendaftarkan Sapi/Kerbau melalui Program AUTS/K dalam aplikasi SIAP mengisi formulir Pendaftaran yang tersedia pada bidang peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak dan disertakan dengan Fotocopy KTP rangkap 1;
  1. Berkas Formulir, KTP dikumpulkan beserta Administrasi pendaftaran sebesar 20% dari nilai premi,- dikumpulkan kembali pada user AUTS/K yang telah ditunjuk untuk pendaftaran;
  2. User AUTS/K mendaftarkan pada aplikasi SIAP;
  3. Pendaftar AUTS/K menerima BRIVA setelah BERHASIL mendaftarkan;
  4. Setelah proses pembayaran BRIVA, ternak diberikan penandaan yang berupa Eartag yang dipasang oleh user AUTS/K dan diberikan Polis yang terdiri dari ternak yang telah didaftarkan.

 

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Seksi Usaha Peternakan Bidang Peternakan dan Keswan (Ahmad Syukur, S.Pt./081802465831 dan Oky Kurniatama, S.Pt/085641886896)

Comments are Closed

© 2019: | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress