Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BPP DEMPET

BPP DEMPET

Wilayah kecamatan dempet merupakan bagian dari wilayah kabupaten demak dan sekaligus merupakan bagian daerah penyangga produksi pangan khususnya beras di kabupaten demak. Pada masa – masa yang pertumbuhan ekonomi cenderung melambat seperti sekarang ini sektor pertanian masih tetap eksis dan mampu bertahan dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Hal ini dapat dibuktikan dengan sektor pertanian masih merupakan bagian utama dalam kehidupan di pedesaan.

Pembangunan Pertanian merupakan bagian dari salah satu unsur penggerak dinamika pembangunan yang telah menerapkan kerangka landasan menuju pertanian maju, efisien dan tangguh yang ditandai oleh transpormasi structural kearah keseimbangan, peranan sector pertanian dengan sektor industri.

Guna mewujudkan kondisi tersebut maka pengalaman Tri Matra Pembanguan Pertanian secara taat azas merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan keterpaduan antara pendekatan wilayah, usaha dan pendekatan komoditas yang dicerminkan dalam berusaha tani yang berwawasan agribisnis dan ditopang oleh  agro industri.

Programa penyuluhan pertanian Balai Penyuluhan Kecamatan Dempet merupakan penjabaran dari Program Badan / Dinas / Instansi terkait lingkup pertanian yang menggambarkan keadaan wilayah, tujuan yang akan dicapai, masalah yang ada serta cara mencapai tujuan.

KEADAAN WILAYAH

     a.     Letak Wilayah

                Wilayah Kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec. Dempet Kabupaten Demak merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Demak yang terdiri dari 16 desa dengan 78 kelompok tani, 16 gabungan kelompok tani, 35 kelompok Petani Pemakai Air (P3A), 19 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan1 Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

b.     Batas – batas Wilayah

                Wilayah kerja BPP Dempet berbatasan dengan wilayah sebagai berikut :

     Sebelah Utara                  :  Kecamatan Gajah

     Sebelah Timur                   :  Kabupaten Grobogan

     Sebelah Selatan                :  Kecamatan Kebonagung

     Sebelah Barat                    :  Kecamatan Wonosalam

Tinggi Tempat

                   Wilavah Kecamatan Dempet bertopografi datar dengan ketinggian 7 10 m dpl. memiliki jenis tanah Gromusol kelabu dengan struktur liat.

 

Jenis Tanah

                   Dari analisis tanah yang dilakukan Fakultas Pertanian UNS Surakarta, tanah di Kec. Dempet berjenis Gromosol     Kelabu struktur liat, hingga pada musim kemarau tanah dalam keadaan pecah-pecah.

Iklim dan Hidrologi

a)     Suhu Udara

              Mempunyai suhu udara yang relatip tinggi, suhu udara ini pada musim penghujan berkisar antara 22 – 260C, sedang pada musim kemarau  27 – 310C  dengan memiliki kelembaban udara antara  70 – 820C.

 

b)     Curah hujan

                   Curah hujan rata-rata diwilayah Kecamatan Dempet, 10 tahun terakhir 1.946 mm per tahun.  Bulan basah yaitu curah hujan dalam satu bulan lebih dari 100 mm, terjadi pada bulan Januari, Februari, Maret, Mei, Oktober, Nopember dan Desember. Bulan lembab yaitu curah hujan dalam satu bulan antara 60 mm – 100 mm, terjadi pada bulan Juni. Bulan kering yaitu curah hujan dalam satu bulan kurang dari 60 mm, terjadi pada bulan  April, Juli, Agustus dan September. Data curah hujan selengkapnya dapat dilihat padalampiran 1.

 

      c)      Hidrologi

                                Dalam kebutuhan air untuk kebutuhan usaha tani selain air hujan dicukupi dari dua sumber yaitu Sungai Tuntang dan Waduk Kedung Ombo. Wilayah sebelah Selatan Sungai Jajar di cukupi dari sumber Sungai Tuntang, sedang sebelah Utara dicukupi dari Waduk Kedung Ombo.

Pola Tanam

                   Pola tanam yang digunakan petani di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak pada umumnya adalah tanaman pangan , palawija dan sayuran (hortikultura) meliputi :

a)      Pada lahan sawah / basah

I.       Padi sawah

II.     Padi sawah

III.    Cabai Merah

IV.  Palawija khususnya kacang hijau

b)     Pada lahan tegal/kering (sistem surjan)

I.       Jagung

       Kedelai

       Kacang hijau

II.     Jagung

       Kedelai

       Kacang hijau

                Aneka sayuran (bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, ketimun

Luas Wilayah Kecamatan Dempet Dirinci Menurut Desa