Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BPP GUNTUR

PROFIL UNIT KERJA PELAYANAN PUBLIK BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) GUNTUR KABUPATEN DEMAK PROVINSI JAWA TENGAH

A. Identitas Kelembagaan

B. Visi dan Misi

Visi BPP Guntur yakni : “Terwujudnya masyarakat Demak yang agamis lebih sejahtera, mandiri, maju, kompetitif, kondusif, berkepribadian, dan demokratis”.

Misi BPP Guntur yaitu meningkatkan kedaulatan pangan dan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal serta mengurangi tingkat pengangguran.

C. Moto, Janji Layanan dan Maklumat

1. Moto BPP Guntur

 “PETANI SEJAHTERA DEMAKKU MAKMUR”

2. Janji Layanan

 “KAMI SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA”

3. Maklumat

“DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MELAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU”

D. Waktu Pelayanan

Waktu pelayanan BPP Guntur sebagai berikut :

a.   Senin – Kamis                         :   Jam 07.30 – 15.30 WIB

b.   Jum’at                                     :   Jam 07.30 – 15.00 WIB

c.   Pelayanan konsultasi              :   24 Jam

E. Persyaratan

Persyaratan untuk mendapatkan layanan BPP Guntur meliputi :

a.    Tergabung dalam kelompok tani/kelompok wanita tani/Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)/Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

b.    Pengguna jasa layanan berdomisili di Kecamatan Guntur.

c.    Melaksanakan budidaya pertanian/peternakan/perkebunan baik sebagai pemilik atau penyewa.

      Bersedia kerja sama dalam mengembangkan pertanian di Kecamatan Guntur.

F. Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu penyelesaian pelayanan sebagai berikut :

No

Jenis Pelayanan

Jangka Waktu Penyelesaian

1

Fasilitasi permohonan bantuan

2 hari

2

Jasa konsultasi

1 jam

3

Penyediaan data dan informasi

1 jam

4

Pembinaan Gapoktan/Poktan/petani

2 jam

5

Kursus/training petani dan penyuluh pertanian

2 jam

6

Kaji terap dan percontohan

6 jam

7

Penyusunan programa penyuluhan

8 jam

8

Pelayanan peternakan dan kesehatan hewan

1 jam

9

AUTP, AUTS/K

2 jam

 

G. Biaya/Tarif

Biaya/tarif layanan sebagai berikut :

No

Jenis Pelayanan

Biaya

1

Fasilitasi permohonan bantuan

Gratis

2

Jasa konsultasi

Gratis

3

Penyediaan data dan informasi

Gratis

4

Pembinaan Gapoktan/Poktan/petani

Gratis

5

Kursus/training petani dan penyuluh pertanian

Gratis

6

Kaji terap dan percontohan

Gratis

7

Penyusunan programa penyuluhan

Gratis

8

Pelayanan peternakan dan kesehatan hewan

Gratis

9

AUTP, AUTS/K

Gratis

H. Produk Layanan

Produk layanan BPP Guntur meliputi :

a.    Materi penyuluhan yang sifatnya problem solving (solusi atas masalah teknis, sosial dan ekonomi).

b.    Pengembangan usaha agribisnis tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

c.    Pelayanan peternakan dan kesehatan hewan (IB, PKb, ATR, dan pengobatan ternak).

I. Jaminan Pelayanan

Jaminan Pelayanan yang diberikan oleh BPP Guntur yaitu pelayanan

a.      Cepat, dapat menyelesaikan dengan waktu singkat.

b.      Tepat, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

c.      Berkualitas, dapat memberikan solusi terbaik.

J. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan adalah pemakai layanan terjamin kerahasian di publik, terlindungi dari gangguan yang tidak dikehendaki. Pelayanan yang tidak sesuai dengan rekomendasi teknis yang mengakibatkan kerugian, maka BPP Guntur siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.