Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Sosialisasi Inovasi Pemberdayaan Petani Milenial

Mranggen, 7 Februari 2023 Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menyelenggarakan Sosialisasi Pemberdayaan Petani Milenial di BPP Kecamatan Mranggen. Kegiatan ini dihadiri oleh Penyuluh Pertanian dan sejumlah Kelompok Tani di Kecamatan Mranggen.

Kepala Bidang Perkebunan, Budi Sulistyawan, S.P., M.M. menyampaikan arti pentingnya keberlanjutan sektor pertanian yang sangat bergantung pada generasi petani, termasuk diantaranya petani milenial. Petani milenial merupakan petani yang berusia 19 (sembilan belas) tahun sampai dengan 39 (tiga puluh sembilan) tahun, dan/atau petani yang adaptif terhadap teknologi digital.

Pemberdayaan petani milenial bisa dikatakan merupakan inovasi dan hal baru di Kabupaten Demak. Di lingkungan pemerintah daerah sebelumnya belum ada kegiatan spesifik yang menjurus pada peningkatan kapasitas SDM petani milenial. Pada tahap awal pengembangan inovasi ini, petani milenial tidak terdata secara baik. Kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan pada inovasi tahun pertama ini masih menargetkan pada seluruh anggota petani yang ada dalam kelompok tani, dengan melibatkan beberapa petani milenial di dalamnya.

Kedepannya, akan dikembangkan tahap pembaharuan, di mana para petani milenial dikumpulkan dalam suatu forum komunikasi untuk memudahkan komunikasi, koordinasi, serta diseminasi pengembangan kompetensi SDM Pertanian di Kabupaten Demak.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, diharapkan tiap kelompok tani dapat mengikutsertakan para petani muda milenial dan petani-petani yang adaptif terhadap teknologi digital guna meningkatkan sektor pertanian mulai tingkat regional hingga nasional.

Sumber: Bidang Perkebunan

Bagikan