Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAPerkebunan

SOSIALISASI MUSIM TANAM TEMBAKAU TAHUN 2021

Tembakau adalah salah satu jenis tanaman yang berkarakteristik sedikit manja. Apabila kekurangan air tanaman tembakau lama tumbuhnya, namun apabila kelebihan air juga tidak baik. Oleh sebab itu memasuki musim tanam tembakau di Kabupaten Demak, pada Senin-Rabu, 26-28 Juli 2021 Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melaksanakan Sosialisasi Musim Tanam Tembakau dalam rangka Kegiatan Pengawasan Penggunaan Sarana Pertanian Pekerjaan Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Tembakau (DBHCHT) Tahun 2021.

            Sosialisasi dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak yang dihadiri 3 kecamatan penghasil tembakau di Kabupaten Demak yaitu Kecamatan Karangawen (26/07/2021), Kecamatan Mranggen (27/07/2021), dan Kecamatan Guntur (28/07/2021). Peserta sosialisasi masing-masing kecamatan terdiri dari POPT (Petugas Pengendali Organisme Tumbuhan) masing-masing kecamatan, APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) Kabupaten Demak, Penyuluh Pertanian, dan Kelompok Tani masing-masing kecamatan.

Sosialisasi dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, menghadirkan narasumber dari PT. Djarum Tbk. dengan materi Strategi Pemasaran Tembakau dan Plt. Kepala Bidang Perkebunan dengan materi  Kebijakan Pertembakauan di Kabupaten Demak. DBHCHT merupakan dana yang bersifat khusus dari pemerintah pusat yang dialokasikan ke pemerintah daerah (pemerintah provinsi ataupun pemerintah kabupaten/kota) yang merupakan penghasil cukai hasil tembakau dan/atau penghasil tembakau, diutamakan petani tembakau.

Sasaran pengelolaan dana bagi hasil cukai meliputi terbentuknya kawasan perkebunan tembakau pada 3 kecamatan di Demak, melaksanakan intensifikasi rehabilitasi tembakau dalam rangka peningkatan pendapatan dengan bantuan saprodi, melaksanakan kegiatan pelatihan, fasilitasi-sosialisasi Bimtek, melaksanakan pembinaan penguatan lembaga kelompok tani, dan melakukan penyusunan database perkebunan untuk keperluan perencanaan, monitoring-evaluasi.

Tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Musim Tanam Tembakau (MTT) ialah memberikan informasi tentang arah kebijakan pembangunan di bidang perkebunan khususnya tanaman tembakau  kepada petani, meningkatkan komunikasi antara petani tembakau dengan pemerintah, meningkatkan jalinan kelembagaan kelompok tani di areal sentra tanaman tembakau di Kabupaten Demak yaitu di Kecamatan Mranggen, Karangawen dan Guntur, menghidupkan dan membangkitkan kelompok tani tembakau yang ada, serta meningkatkan manajemen kelembagaan kelompok tani tembakau.

Pelaksanaan Sosialisasi ditengah pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan berupa sosial distancing, penyemprotan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, serta seluruh peserta dan narasumber wajib menggunakan masker. (Ika Hardiyan S., S.P/ Bidang Perkebunan).

Bagikan