Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADemakDinpertan Pangan

MONITORING INFRASTRUKTUR JARINGAN IRIGASI KECAMATAN DEMAK

Demak – Irigasi adalah upaya penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian. Sistem irigasi tersebut sebagai pembuangan air buatan dari sumber air yang tersedia ke suatu lahan dengan tujuan mengalirkannya secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman pada saat suplai infiltrasi tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Pada hari Kamis (22/02) Koordinator BPP Demak Sumedi bersama Penyuluh Pertanian Kecamatan Demak (Endang, Dewi, Nining dan Sri Budi) serta petani melakukan monitoring infrastruktur jaringan irigasi di Kecamatan Demak.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau kondisi jaringan irigasi agar sesuai dengan fungsinya. Adapun poktan yang ditinjau antara lain:

  1. Poktan Rogo Sari, Desa Katonsari bantuan tahun 2018
  2. Poktan Mekar Sari, Desa Kalikondang bantuan tahun2 019
  3. Poktan Melati, Desa Bango bantuan tahun 2019
  4. Poktan Semboja, Desa Sedo bantuan tahun 2021
  5. Poktan Handayani, Kel. Kalicilik bantuan tahun 2021
  6. Poktan Sari Mulyo, Kel. Mangunjiwan bantuan tahun 2021
  7. Poktan Kenanga, Desa Bango bantuan tahun 2022

Kondisi irigasi dari kegiatan monitoring didapati infrastruktur masih berfungsi dengan normal dan berpotensi memasok air yang cukup memadai untuk mengaliri sawah sekitarnya. Harapannya jaringan irigasi tersebut bisa menjadi faktor penunjang dalam proses usaha tani yang berdampak langsung terhadap kualitas dan kuantitas tanaman, menambah luas areal tanam dan/atau meningkatkan intensitas pertanaman (IP).

Sumber: BPP Kec. Demak

Bagikan