Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 04 Juli 2023. Bidang Perkebunan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion Kajian Asuransi Usaha Tani Tembakau bersama Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Bapak Agus Herawan, SIP, MM. Kegiatan ini dihadiri oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Demak, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Penyuluh dan Koordinator Penyuluh di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Guntur, Kecamatan Mranggen, dan Kecamatan Karangawen.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi bagaimana pelaksanaan dan hasil akhir kajian asuransi tembakau yang sedang dikaji oleh tim dari UNS.
Kabupaten Demak merupakan salah satu wilayah penghasil tembakau di Jawa Tengah, luas tanam pada 2022 mencapai 2.571 ha. Komoditas tembakau sangat peka terhadap perubahan iklim. Sejauh ini belum tersedia strategi yang tepat untuk penanganan keriguan petani akibat kegagalan panen tembakau. Berkaitan hal tersebut maka perlu segera dilakukan kajian ilmiah untuk mendukung kegiatan jaminan perlindungan produksi pada komoditas tembakau. (Bidang Perkebunan)

Bagikan