Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITABonangDinpertan Pangan

TANAM PADI MENGGUNAKAN RICE TRANSPLANTER DI KELOMPOK TANI “SARI MUKTI” DESA PONCOHARJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK


Pada Hari Rabu tanggal 24 April 2024, kelompok tani “Sari Mukti” Desa Poncoharjo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan penanaman padi menggunakan mesin rice transplanter. Menanam padi memakai tenaga manusia adalah hal yang sudah biasa namun berbeda dengan kelompok tani Sari Mukti Desa Poncoharjo yang mana pada musim tanam MT II menanam padinya dengan menggunakan alat tanam berupa Transplanter. Hal ini akan mempunyai dampak yang sangat baik untuk pertanian dimasa depan yang tidak hanya mengandalkan tenaga manusia saja tetapi sudah beralih menggunakan mesin.

Perlu diketahui bahwa tanam padi memakai Transplanter tentunya dengan menggunakan bibit padi yang masih sangat muda dg umur semai antara 15-17 HSS. Adapun kelebihan tanam bibit padi yang masih muda diantaranya tidak mengalami stres dan cepat beradaptasi dikarenakan tanaman masih mempunyai cadangan makanan, pertumbuhan akan lebih baik karena perakaran lebih cepat menyebar dan perakaran lebih dalam sehingga memudahkan tanaman untuk menyerap unsur hara dan yang terakhir anakan akan lebih banyak.

Perlu diketahui Tanam memakai Transplanter di Desa Poncoharjo Poktan Sari Mukti seluas 2 ha merupakan pemanfaatan bantuan alsintan dari pemerintah. Menurut Maslani ketua Kelompok Tani Sari Mukti mengatakan bahwa dengan adanya bantuan alsintan membantu meringankan petani dalam biaya produksi, bisa lebih menghemat waktu dan tenaga sekaligus tanamannya juga rapi serta memberikan dampak positif bagi petani serta kelompok tani di sekitar untuk meniru dan mempraktikan di lahan masing-masing.

Sumber: BPP Kec. Bonang

Bagikan