Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Sosialisasi Musim Tanam Tembakau di Kecamatan Guntur

Guntur – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak pada Rabu, 8 Mei 2024 menyelenggarakan Sosialisasi Musim Tanam Tembakau di Kecamatan Guntur. Sosialisasi ini dihadiri oleh para petani tembakau se-Kecamatan Guntur, pengurus APTI, serta penyuluh pendamping kecamatan Guntur.

Bekerjasama dengan BMKG Provinsi Jawa Tengah, kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran prakiraan cuaca dan persiapan tanam tembakau tahun 2024. Rudi Setyo selaku petugas BMKG Provinsi Jawa Tengah dalam paparannya menyampaikan, BMKG memperkirakan musim kemarau di Kecamatan Guntur dimulai pada dasarian I bulan Mei hingga sekitar 13-15 dasarian ke depan, sekitar akhir September 2024.

Pada kesempatan kali ini turut mengundang praktisi pembibitan tembakau varietas Cerupung asal Grobogan, Muhammad Chomsin. Petani sekaligus Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) ini membuka diskusi seputar teknik pembibitan dan produksi benih tembakau. Pembibitan yang baik merupakan salah satu tahap budidaya yang penting untuk memperoleh daun tembakau yang berkualitas.

“Mengawali musim tanam tembakau 2024 ini, kami berharap para petani tembakau berhasil dalam usaha budidayanya serta memperoleh hasil dan harga yang menguntungkan,” harap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Agus Herawan, S.IP., M.M. saat memberikan pengarahan.

Sumber: Bidang Perkebunan

Bagikan