Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENERAPAN SEMAI BAWANG MERAH TSS DESA BERMI KECAMATAN MIJEN

Mijen – Aji Riyanto, S.Pt selaku Korluh BPP Kec. Mijen beserta PPL Kec. Mijen Muhamad Hatib, S.P., An Naas Putra Yuniardi, S.P., Syahri Romadhon, STP dan Poktan Sido Makmur Desa Bermi melaksanakan Sosialisasi serta Praktik Penerapan Penyemaian Bawang Merah TSS menggunakan Teknologi MOF dan Soil Block bertempat di Rumah Arif anggota Poktan Sido Makmur Desa Bermi Kec. Mijen Kab. Demak Prov. Jawa Tengah, Selasa (21/05/2024).

Pertemuan disertai Sosialisasi dan Praktik Penerapan Penyemaian Bawang Merah TSS menggunakan Teknologi MOF yang dibimbing oleh Muhamad Hatib, S.P. dilaksanakan untuk memperkenalkan teknologi MOF serta Soil Block dan manfaat dari Biji Bawang merah TSS menghemat biaya produksi terutama di komponen biaya bibit.

Semai bawang merah dari biji menggunakan alat yang dinamai MOF (Modified of Farmers) dan Soil Block. Alat berbentuk segi panjang seperti nampan dengan kaca yang diberi lubang. Lubang tersebut menyesuaikan ukuran papan media tanam.

Selain memiliki biaya produksi yang lebih rendah, metode ini juga menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi mencapai kurang lebih 28 Ton/Ha. Praktik semai bawang merah TSS dengan menggunakan Teknologi MOF dan Soil Block ini sangat mudah diterapkan. Hanya dengan menabur biji lalu diayak, maka biji bawang merah sudah bisa masuk ke media tanam dengan tepat. Alat ini juga memudahkan petani saat mereka hendak melakukan penyemaian.

Sumber: BPP Kecamatan Mijen

Bagikan