Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADemakDinpertan Pangan

Pantauan Tanaman Ketersediaan Air MT-II Kecamatan Demak

Demak –  Air memiliki peranan sangat penting dalam berusahatani terutama bagi usahatani padi sawah. Tanaman padi merupakan tanaman yang sangat banyak membu tuhkan air khususnya pada saat masa vegetatif tanaman harus selalu tergenang air. Agar produktivitas padi cukup baik dan efektif, maka dibutuhkan suplay air yang cukup melalui irigasi. Namun, apabila ketersediaan air bagi usahatani padi sedikit dan sumber air tidak dikelola dengan baik maka tanaman padi mengalami kekurangan air yang berakibat akan menurunkan hasil produksi.

Pada hari Selasa (21/05) Korluh BPP Demak Muhammad Sumedi STP, bersama Penyuluh Pertanian Endang Dwi Astuti SP, Sri Budi Wijayanti SP, Dewi Rommy Anna SPt,  serta Petugas Organisme Pengganggu Tanaman Ragil Gunarto SP melaksanakan pantauan tanaman padi. Wilayah persawahan Kecamatan Demak diketahui ada 220 ha lahan yang terdampak kekeringan. MT-II merupakan masa tanam padi yang rata-rata umur tanaman 30-50 hst tampak ujung daun padi yang memerah yang mengindikasikan tanaman kurang air.

Upaya yang dilakukan oleh petani setempat yakni melakukan pompanisasi dari sumber air terdekat. Harapannya bisa menunjang ketersediaan air untuk pertanaman padi hingga menghasilkan produksi yang optimal.

Sumber: BPP Kecamatan Demak

Bagikan