Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganSayung

MONITORING PUPUK SUBSIDI TIM VERVAL  DI KPL UD.MAFAZA DESA BULUSARI KEC. SAYUNG

Sayung – Pupuk bersubsidi masih menjadi harapan utama bagi petani dalam budidaya pertaniannya. Tahun 2024 ini regulasi terkait pupuk subsidi mengalami berbagai perubahan antara lain pihak BRI sudah tidak mencetak kartu tani baru lagi, jadi otomatis petani yang baru terdaftar akan melakukan penebusan pupuknya secara manual dari awal, perubahan aplikasi penebusan manual di KPL dari T_pubers menjadi I_pubers yang tentunya membutuhkan waktu untuk penyesuaian, belum masuknya kuota pupuk tambahan dan yang terbaru di Oktober ini adalah penggantian perangkat transaksi elektronik EDC menjadi MPOS dari BRI.

Senin, 14 Oktober 2024 Tim Verval BPP Sayung Hari Mul dan Catur Hikmah ditemani temen-temen PPL Irfan dan Maryuti melakukan monitoring ke Kios Pupuk Lengkap (KPL) UD. Mafaza di desa Bulusari yang melayani 2 poktan dengan jumlah petani sebanyak 358 orang.

Hasil monitoring Kami; KPL sudah melakukan transaksi baik dengan kartu tani maupun secara manual Ipubers, stok pupuk subsidi di kios termasuk aman untuk memenuhi kebutuhan petani, terdapat 8 ton urea, 2,1 ton NPK dan pupuk organic. Semoga pupuk subsidi tidak menjadikan sebuah formalitas dalam budidaya semata tetapi petani juga mampu menerapkan teknologi tepat guna dan mampu meningkatkan produksi pertaniannya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Sumber: BPP Kecamatan Sayung

Bagikan