Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAMranggen

UBINAN JAGUNG GAPOKTAN NGUDI UTAMI DESA BANYUMENENG KECAMATAN MRANGGEN

Pengambilan data produktivitas jagung dengan cara ubinan dilakukan pada Selasa, 16 Februari 2021 di Mranggen, Desa Banyumeneng yakni kelompok tani Ngudi Utami.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh petani di kelompok tani Ngudi Utami didampingi oleh PPL Wilbin. Adapun hasil dari ubinan jagung tersebut menunjukkan angka 7,425 kg.

Jagung merupakan salah satu komoditas serealia yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Produksi/hasil panen tanaman jagung yang telah dicapai oleh para petani perlu dihitung melalui kegiatan pendugaan hasil yang biasa disebut ubinan. Sehingga dengan melakukan ubinan petani dapat mengetahui kisaran hasil tanamannya sebelum proses panen selesai.

Disamping itu juga, meskipun kondisi saat ini sedang dilanda pandemi global Covid-19, sektor pertanian harus tetap bergerak demi menjaga kebutuhan pangan nasional, namun kita (petani, penyuluh dan petugas lapangan lainnya) juga harus tetap memperhatikan seruan pemerintah untuk selalu jaga jarak (social distancing), memakai masker dan penerapan PHBS.

(PPL Mranggen/ Rif’atul Jannah, SP. )

Bagikan