Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAGajah

MENGENALKAN PERTANIAN SECARA DINI MELALUI EDUKASI

Hari ini (Senin, 19 April 2021) BPP Kecamatan Gajah mendapatkan kunjungan dari siswa MTs Al Irsyad Gajah dalam rangka edukasi tentang pertanian. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah MTs Al Irsyad Gajah (H. Ahmad Rowi) beserta siswa-siswa kelas IX, Ketua Gapoktan Desa Jatisono (Muhtar Kirom). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengenalkan para siswa untuk lebih mengenal budidaya tanaman.

Selama ini bertani dianggap sebagai pekerjaan kotor dan tabu, sehingga sektor pertanian kurang diminati oleh generasi muda. Untuk menyangkal anggapan tersebut perlu adanya edukasi kepada anak-anak untuk menumbuhkan minat mereka dalam hal pertanian. Muhtar mengatakan bahwa “Sekarang petani tidak selalu bergelut dengan lumpur, justru sekarang petani banyak yang berdasi”. Ungkapan ini mengartikan bahwa petani yang dulu masih menggunakan sistem pertanian tradisional namun petani sekarang sudah menggunakan teknologi tidak perlu turun ke sawah semua dijalankan dengan alat dan mesin canggih.

Menurunnya minat para generasi muda dalam pertanian akan berdampak pada menurunnya produktivitas usaha tani, padahal kebutuhan akan pangan semakin tahun semakin naik sebanding laju pertumbuhan penduduk. Hal ini menjadi dasar MTs Al Irsyad memberikan ekstra kulikuler tentang pertanian agar ada pengganti di tahun-tahun mendatang. Hal ini bersinergi dengan BPP Kecamatan Gajah yang memberikan wadah pembelajaran bagi anak-anak untuk mempelajari pertanian.

BPP Kecamatan Gajah terbuka untuk umum siapapun yang ingin datang belajar tentang pertanian secara umum. Harapannya dunia pertanian bisa diminati oleh generasi muda yang nantinya menjadi penerus menggantikan para  pahlawan pangan untuk era selanjutnya.

(Fitri Nur Farida/ PPL Gajah)

Bagikan