Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAPerkebunan

PENYERAHAN BANTUAN BIBIT TANAMAN MINDI

Banyak bagian hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) berupa lahan kritis atau tidak tertutup vegetasi akibat perilaku manusia. Hal ini menyebabkan fungsi hidrologi DAS dalam kemampuan menyerap, menyimpan dan mengalirkan air menjadi menurun, sehingga bencana hidrologis seperti tanah longsor, banjir dan kekeringan dapat lebih mudah terjadi. 

            Dalam mendukung upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS), Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak telah menyerahkan bantuan berupa bibit pohon mindi. Bantuan secara simbolis telah diserahkan oleh Plt. Kepala Bidang Perkebunan Bapak Heri Wuryanta, S.TP, MP kepada sekolah-sekolah penerima bantuan. Penerima bantuan yaitu SD Negeri Kalikondang 1 dan SMP Negeri 3 Bonang, masing-masing sejumlah 100 batang bibit tanaman mindi. Bantuan tersebut bersumber dari hibah PT. Karya Cipta Unggul Nusantara.

            Gerakan Pemulihan DAS ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan lahan untuk upaya penyelamatan sumber daya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

(Ika Hardiyan/Perkebunan)

Bagikan