Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITATanaman Pangan dan Hortikultura

PELATIHAN BUDIDAYA JAMBU AIR DAN BELIMBING

Kabupaten Demak memiliki ikon buah yang sudah terkenal dari jaman dahulu yaitu : Buah Belimbing dan Buah Jambu Air (Merah Delima dan Citra).  Jambu merah delima dan belimbing (kunir, kapur) adalah  varietas buah yang diunggulkan baik di Kabupaten Demak maupun ditingkat Nasional.

Jambu air (merah delima dan citra) Demak memiliki karakteristik rasa yang berbeda dengan jambu air lainnya, dengan kandungan air  90 % dari 100 gram bagian buah yang dapat dimakan, daging buahnya terasa renyah dan manis.  Sedangkan belimbing Demak mengalami masa keemasan di tahun 1980-an sempat menjadi buah kesayangan dan tersaji di istana Presiden.

Namun dalam perkembangannya  pamor belimbing makin meredup dan apabila tidak ada upaya pelestrarian dikhawatirkan ikon Demak akan punah.  Oleh karena itu  melalui Kegiatan Penyuluhan Peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan Pekerjaan Peningkatan Produksi Komoditas Pertanian Unggulan Berbasis Lokal Tahun 2020 Dinas Pertanian dan Pangan memberikan bantuan bibit belimbing sejumlah 250 batang, bibit jambu merah delima 50 batang dan bibit jambu citra 50 batang.

Untuk melengkapi kegiatan tersebut diselenggarakan Pelatihan Budidaya Jambu Air dan Belimbing diantaranya berisi materi Teknologi Pembuahan di Luar Musim (off season) diharapkan dapat membuka wawasan petani cara membuahkan kedua tanaman tersebut supaya tersedia sepanjang tahun juga diberikan praktek pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 35 orang, terdiri dari Poktan Ngupoyo Upo, Poktan Dewi Ratih dari Kecamatan Wonosalam dan Poktan Sido Makmur dari Kecamatan Demak. Acara dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak. (Kartika Dewi Nurul H, SP/ Kasi Hortikultura)

Bagikan