Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Pelatihan PHT, Poktan Mangudi Bugo Desa Sidokumpul Kec. Guntur Praktik Membuat Biosaka

Senin, 24 Juli 2023 Bidang Perkebunan Dinpertan Pangan menyelenggarakan Pelatihan PHT Tembakau di Poktan Mangudi Bugo Desa Sidokumpul Kecamatan Mranggen. Pada pertemuan kedua ini, peserta pelatihan diajak untuk praktik membuat larutan biosaka.

Dipandu oleh POPT, Budi Santosa, S.P., para peserta mengumpulkan sebanyak lima macam rumput-rumputan yang ada di sekitar pertanaman tembakau. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, peserta yang merupakan anggota kelompok tani ini kemudian melakukan praktik pembuatan biosaka.

Rumput yang bisa dijadikan sebagai bahan yaitu rumput teki, alang-alang, daun empon-empon, dan rumput atau dedaunan lain yang tampak segar dan sehat. Bahan segenggam tersebut lalu dimasukkan dalam ember berisi air sekitar 5 liter, kemudian diperas langsung dengan tangan dan diaduk berlawanan arah jarum jam.

Setelah kira-kira 30 menit, larutan telah homogen dan bisa dimasukkan ke dalam botol atau jerigen. Ramuan ini bisa digunakan pada berbagai macam komoditas, dengan dosis yang sesuai dengan anjuran POPT atau Penyuluh Pertanian pendamping. (Bidang Perkebunan)

Bagikan