Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPeternakan dan Kesehatan Hewan

Optimalisasi Vaksinasi PMK Di Kec. karangawen

Setelah selesainya hari raya idul adha biasanya para peternak dan Pedagang mulai mengisi kandang kembali sehingga perlu dilakukan Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) sebagai bentuk pencegahan penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku ) karena Kec. Karangawen Berbatasan langsung dengan Kab. Grobogan dan Kab. Semarang.


Kegiatan vaksinasi yg dilakukan pada Senin, 24 Juli 2023 di Kec. karangawen Kab. Demak sebanyak 105 dosis adalah vaksin pertama karena setelah Idul adha. Vaksinasi dilakukan oleh tim vaksinasi bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak yg diketuai oleh drh. sri padyastuti bersama Bapak Agus Arifin, A.Md selaku Petugas Vaksinator area Mranggen. Pemberian vaksin dilakukan secara gratis (tidak dipungut biaya).


Dengan adanya kegiatan vaksin PMK diharapkan ternak tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit PMK. Karena Sebelumnya pada saat wabah PMK merebak, banyak ternak yang sakit bahkan sampai meninggal. Wabah PMK sangat merugikan peternak. Oleh karena itu, perlunya upaya-upaya dari pihak terkait seperti vaksinasi, pengobatan hewan sakit, karantina hewan tertular dan pengetatan biosecurity.

(Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan)

Bagikan